Berita  

BPKH Gelar International Hajj Conference

BPKH Gelar International Hajj Conference
BPKH Gelar International Hajj Conference (Antaranews)

Jakarta, Semartara.News Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerjasama dengan Bank Indonesia menggelar 4th International Hajj Conference atau Konferensi Haji Internasional ke-4.

Hal tersebut sebagai bagian dari rangkaian Indonesia Sharia Economic Forum (ISEF) 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat lalu. Konferensi Haji Internasional kali ini mengangkat tema ‘Digitalisasi dan Inklusivitas Ekosistem Haji’.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Beny Witjaksono mengatakan BPKH memaknai digitalisasi sebagai perubahan digital untuk membuka peluang memperoleh pendapatan yang lebih besar.

“Kami memiliki prinsip BPKH harus untung. Tapi BPKH tidak mendapatkan bonus untuk pengelolaan haji. Jadi, setiap manfaat atau keuntungan yang kami dapatkan akan mengalir ke calon jemaah,’’ kata Beny di JCC, Jumat (7/10/2022).

Beny mengisahkan, ketika dibentuk pada 2017 BPKH mengelola keuangan haji secara manual. 

“Dulu tidak ada teknologi yang kita gunakan. Pada awalnya bisnis kami ada dua, yang pertama mengumpulkan uang dari haji sekitar Rp 25 juta untuk kami tempatnya di bank dan kedua untuk investasi tersebut,” katanyanya.

BPKH baru beralih ke teknologi dengan menciptakan Sistem Keuangan Haji Terpadu (Siskehat) yang didukung penggunaan data center canggih.

“Dengan menggunakan Siskehat pelaporan kami menjadi lebih jelas dan sehat. Sekarang kami memiliki Siskehat generasi 2 yang membuat BPKH lebih mudah untuk melakukan laporan dan menunjukan transparansi pada publik,” kata Beny Witjaksono.

Tinggalkan Balasan