Berita  

TB Paru, Puskesmas Teluknaga Inovasi Penanganan

TB Paru
Puskemas Teluknaga Penyuluhan Inovasi Penanganan TB Paru

Kabupaten Tangerang, Semartara.News – Puskesmas Teluknaga melakukan inovasi dalam upaya penanganan pasien penyakit Tuberkulosis (TB) Paru, berupa melaksanakan kegiatan Kelabing (Kelas TB Dalam Gedung). 

Kegiatan ini merupakan program kelas paguyuban untuk kasus baru penderita penyakit ini yang terdiagnosis bulan ini. Pelaksanaan Kelas ini pada setiap akhir bulan.

Kepala Puskesmas Teluknaga, Husna Meiyanti mengatakan, inovasi program ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien TB Paru ke puskesmas dan rutin berobat.

Kursus Jadi Wadah Meningkatkan Pengetahuan TB Paru

Kursus ini harapannya dapat menjadi wadah untuk meningkatkan pengetahuan pasien, meningkatkan kepatuhan pasien, bertukar pikiran dan pengalaman. Serta sebagai media informasi bagi pasien penyakit ini.

“Peserta Kelas ini adalah pasien TB Paru yang telah diobati minimal selama 2 minggu. Untuk bulan Maret ini oleh 11 peserta,” ujar Husna Meiyanti, Minggu (03/4/2022).

Materi di kelas yaitu pengobatan tuberkulosis paru dan pencegahan penularan tuberkulosis paru dalam keluarga, Pemberi materi oleh dokter yang bekerja di Puskesmas, yang tergabung dalam Program Kesehatan Puskesmas Teluknaga.

Menginformasikan bahwa Mycobacterium tuberculosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis

Tuberkulosis adalah penyakit yang membutuhkan pengobatan jangka panjang. Oleh karena itu, kepatuhan minum obat merupakan aspek penting dalam pengobatan tuberkulosis.(Feri/Say)

Tinggalkan Balasan