Debat Pilkada Sulut, Olly-Steven Bedah Etalase Kawasan Pasifik

Debat Pilkada Sulut
Olly Dondokambey dan Steven Kandouw saat mengkuti Debat Pilkada Sulut 2020 yang digelar KPU di Bukit Makatete Hills, Minahasa, Kamis (5/11/2020). (Foto – Eksklusif)

Manado, Semartara.News – Debat Pilkada Sulut, pasangan Cagub-Cawagub, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw mendorong sektor Pertanian dan Perikanan di wilayah Totabuan. Hal itu disampaikan saat keduanya mengikuti debat publik pertama yang digelar KPU di Bukit Makatete Hills, Minahasa, Kamis (5/11/2020).

KPU Sulut pada Debat ini, mengangkat topik ‘Kesehatan Masyarakat, Pencegahan Bencana Alam, Pengembangan Wilayah, Infrastruktur Daerah dan Penanganan Covid-19’. Visi dan misi yang disampaikan pada Debat Pilkada Sulut 2020 ini, kata Olly sejalan dengan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Dimana ia, bertujuan menjadikan Sulut sebagai Etalase Indonesia di Kawasan Pasifik.

“Ke depan, kita bangun Human Capital sebagai modal bersaing di era perdagangan bebas,” jelas Olly Dondokambey.

“Sekaligus mengembangkan karakter manusia yang unggul dan beriman. Diantaranya, dengan membangun Islamic Centre, Christian Centre dan pusat pendidikan agama lainnya,” Olly Dondokambey menambahkan.

Saat Debat Pilkada Sulut Olly juga menegaskan, pihaknya mendorong sektor pertanian dan perikanan untuk menggalakan pasar ekspor. Yakni, dengan Direct-Call Trading ke Narita Jepang dan mempercepat KEK Pariwisata Likupang, termasuk sumberdaya manusianya melalui pembangunan Akademi  dan SMK Pariwisata.

“Kita kembangkan KEK Bitung, bangun kawasan industri di Bolmong sebagai pusat pertumbuhan baru,” lanjut Bendahara Umum PDI Perjuangan ini.

“Totabuan harus jadi lumbung pangan di Indonesia Timur. Sehingga, kita percepat penyelesaian Bendungan Lolak. Nusa Utara sebagai Pusat Industri Maritim, dan Minahasa Raya sebagai Etalase Agrokompleks, Perdagangan dan Jasa, serta Pariwisata,” ringkas Olly Dondokambey.

Di samping itu, ia berjanji akan mempercepat konektivitas wilayah melalui perluasan Bandara, Tol Manado-Bitung dan Airmadidi-Amurang, jalan Lingkar Manado, dan Trans Sulawesi.  Selain itu juga, Olly hendak mempercepat bendungan Kuwil dan Sawangan untuk pengendalian banjir dan penyedia air baku, fasilitas rumah sakit, pembangkit listrik, pelabuhan laut di pulau-pulau, serta pengembangan energi terbarukan.

“Di Bidang Telekomunikasi, kita manfaatkan jejaring Pemersatu NKRI Palapa Ring yang tersambung ke Pacific Ring, sebagai internet tercepat dan pusat pengembangan teknologi layanan digital,” pungkas Olly Dondokambey. (AD)

Tinggalkan Balasan