Indonesia – Jepang Sepakati Kerjasama Multilateralisme Hingga Pengelolaan Pandemi

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020). (Foto - Doc. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden).

Jakarta, Semartara.news –  Perdana Menteri (PM) Jepang, Yoshihide Suga Bersama Ibu Mariko Suga ke Indonesia menghasilkan kesepakatan kerjasama pengelolaan pandemi hingga ekonomi. Pertemuan yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat itu juga menyinggung soal evakuasi 69 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) dari kapal Diamond Princess di Yokohama.

“Ini juga merefleksikan komitmen bersama untuk terus memperkokoh kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia. Di tengah dunia yang diwarnai ketidakpastian, kunjungan ini menunjukkan bahwa kita memilih untuk bekerja sama dan saling mendukung satu sama lain,” kata Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pernyataan pers bersama PM Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/10/2020).

“Saya juga menyambut baik telah ditandatanganinya Memorandum Kerja Sama Kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada tanggal 19 Oktober yang lalu,” lanjut Presiden yang akrab disapa Jokowi ini.

Jokowi juga menegaskan, bahwa Indonesia dan Jepang memiliki kesamaan visi dalam memajukan multilateralisme, termasuk akses vaksin yang terjangkau. Indonesia, tuturnya, menghargai komitmen Jepang atas pembentukan ASEAN Covid-19 Respond Fund. “Saya juga mengajak Jepang memperkuat tata kelola kesehatan di kawasan untuk menghadapi pandemi di masa depan termasuk pembentukan ASEAN Centre for Public Health Emergency and Emerging Diseases,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan