Berita  

Ananta Wahana Serap Aspirasi Warga Disabilitas

SEMARTARA – Anggota DPR RI Ananta Wahana menjaring aspirasi warga disabilitas Kota Tangerang dan Forum RW saat Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) dalam Masa Sidang 2, Sabtu (22/2/2020).

Robet Pasaribu, penyandang disabilitas asal Poris Indah Kecamatan Cipondoh mengungkapkan bahwa di Kota Tangerang banyak warga penyandang disabilitas yang memiliki bakat namun tidak memiliki tempat menyalurkan hal tersebut.

“Banyak penyandang tuna netra justru memiliki bakat menyanyi dan juga lainnya. Hal ini kalau ada wadah yang menanungi tentunya mereka dapat menyalurkan bakat tersebut sekaligus menambahkan penghasilan,” katanya.

Robet menambahkan, bahwa dirinya sudah lama ingin mengusulkan hal tersebut ke Ananta Wahana. Anggota DPR RI yang mewakili mereka dinilai dapat membantunya dalam membentuk yayasan pemberdayaan penyandang disabilitas.

“Sehingga harapan kami, setelah kita mendirikan yayasan tersebut. Sehingga pengurusnya nanti dapat mengembangkan bakat para tunanetra baik di bidang olah vokal hingga pijat tradisional,” katanya.

Ananta Wahana dalam kesempatan tersebut menegaskan, negara harus hadir dalam upaya mensejahterakan seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, tak terkecuali para penyandang disabilitas.

“Saya sangat mengapresiasi gagasan membentuk yayasan pemberdayaan disabilitas. Menurut saya gagasan ini harus didukung dan akan kami sampaikan kepada pihak-pihak terkait,” kata pria yang akrab disapa AW ini.

Ananta menambahkan, dirinya akan segera mungkin mencari solusi agar segera terbentuk yayasan tersebut. Melalui yayasan itu nantinya diharapkan penyandang disabilitas dapat berdaya.

Terpisah, Ananta turut hadir dalam diskusi Forum RW Seperjuangan di Rumah Makan Remaja Kuring, Serpong, Tangerang Selatan. Sejumlah persoalan dibahas dalam pertemuan yang dihadiri pejabat RW Pamulang ini. Beberapa persoalan yang mengemuka di antaranya, persoalan perbaikan jalan lingkungan.

KUNDAPIL: Anggota DPR RI Ananta Wahana berdiskusi dengan puluhan RW yang tergabung dalam RW Perjuangan di restoran Remaja Kuring, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (22/2/2020). Peran RW dinilai penting dalam menata dan menjaga lingkungan secara swadaya masih. (Irfan Farhani)

Meski tak bersentuhan langsung dengan urusan pembangunan, namun Ananta mengaku bakal mengupayakannya melalui kekuatan politiknya. Seperti diketahui, Ananta sendiri sempat jadi fungsionaris PDIP Banten, bahkan saat ini dirinya menjabat Sekretaris Badiklat DPP.

“Di Tangerang Selatan ya temen saya banyak, ada Pak Iwan ini yang siap memenuhi aspirasi bapak ibu,” katanya.

Iwan Rahayu menambahkan, kehadiran 40-an ketua RW yang tergabung dalam RW Seperjuangan. Mereka dikumpulkan untuk menyampaikan sejumlah keinginan terkait pembangunan dan pengembangan lingkungan.

Iwan Rahayu menjelaskan, pembentukan RW Seperjuangan merupakan upaya pengakomodasian aspirasi yang tak tertampung di forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang).

“Paling tidak ruang di musrembang yang tidak cukup bisa diakomodir. Dan ini menjadi kekuatan kami menggalang kekuatan terkait ajaran Bung Karno. Makannya saya selalu bicara, mari anggota DPRD berbuat kebaikan kepada masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan