Berita  

Dongkrak Minat Baca, Pemkot Gelar Pameran Buku

SEMARTARA – Pameran buku digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) dalam rangkaian hari ulang tahun Kota Tangerang ke-27. Ratusan buku dari puluhan penerbit mejeng di pameran yang digelar 18 hingga 21 Februari di Icon Walk, Cimone tersebut.

Jelang hari jadi Kota Tangerang, pemerintah membenahi berbagai hal. Tak ketinggalan, urusan literasi pun dievaluasi. Pameran buku, salah satunya, digelar guna mendongkrak minat baca masyarakat kota satelit tersebut.

Kepala Bidang Perpustakaan DPAD Kota Tangerang Endang Purwaningsih menerangkan, sepanjang 2019 Perpustakaan Daerah hanya dikunjungi 178 orang dari target 129 ribu pengunjung. Meski melampaui target, sambung Endang, pihaknya ingin gerakan literasi memasyarakat.

“Ini dalam rangka membangun ulang tahun kota Tangerang ke-27, kami punya tujuan meningkatkan minat baca di lingkungan sekolah, mahasiswa dan masyarakat umum,” terangnya, Selasa (18/2/2020).

Tak cuma pameran buku, DPAD juga menggelar beragam kegiatan dalam rangkaian HUT Kota Tangerang ini. Di hari pertama, digelar bedah buku yang dihadiri pemerhati anak Seto Mulyadi. Selain itu, DPAD juga melombakan baca cepat dan bercerita.

Endang menyebut, pihaknya menyurati pejabat Dinas Pendidikan agar mengajak siswanya berkunjung ke pameran tersebut. Ia mengklaim, pameran ini bakal dikunjungi 300 pelajar setiap harinya.

Beragam buku yang dijajakan di pameran ini terbilang terjangkau. Buku seharga Rp 5 ribu hingga ratusan ribu tersedia. Endang menyebut, harga yang ditawarkan penerbit di pameran ini lebih murah dari harga distributor.

“Banyak diskon, saya minta ke penerbit karena dalam rangka HUT kota. Karena harga dari penerbit, bukan distributor. Malah, ada yang 5 ribu, 10 ribu,” tukasnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan