UMKM  

YPKKT Gotong Royong Bentuk Wirausaha Agen Gas Melon

YPKKT Gotong Royong Bentuk Wirausaha Agen Gas Melon
Pembina Yayasan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana saat memotong pita dan nasi tumpeng diacara tasyakuran pembukaan usaha Agen Fas PT. Cahaya Sekar Energi. (Foto : Kahfi/Semartara.news)

Tangerang, Semartara.News – Yayasan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis (YPKKT) membentuk wirausaha Agen Gas Elpiji 3 kg atau sering disebut gas melon.

Pengasuh YPKKT, Ananta Wahana mengatakan nama agen gas melon itu, PT. Cahaya Sekar Energi yang terbentuk atas dasar keluhan masyarakat di sekitar padepokannya.

“Agen gas ini kita dirikan karena banyak keluhan-keluhan rentan antara kebutuhan agen gas yang sangat jauh,” kata Ananta dalam sambutannya diacara tasyakuran pembukaan wirausaha agen gas melon itu di halaman YPKKT, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (5/7/2024).

Usaha itu, lanjut Ananta, sebagai bentuk konkret menghadapi kondisi yang sedang tidak baik secara bersama-sama. Menurut Ananta, dengan cara gotong-royong setiap masalah bisa teratasi.

“Yang punya inisiatif membuka agen gas melon ini dokter gigi Huga Sekar Arum,” ujarnya.

“Jadi, tidak semata-mata pengusahanya dokter gigi Huga Sekar Arum saja, tetapi semua pangkalan yang terlibat juga merupakan wirausahanya,” terang politisi senior PDI Perjuangan yang dekat dengan pelaku UMKM.

Selain agen gas melon, tambah Ananta, pihaknya juga telah membentuk usaha kolektif lainnya seperti Warteg dan Coffee Shop.

Ananta mengakui, YPKKT memang sudah lama melakukan pembinaan-pembinaan terhadap pelaku UMKM, bidang ekonomi kreatif, sosial, pendidikan, budaya, kesenian, dan lainnya.

“Jadi ini kita hanya memfasilitasi,” ucapnya.

Pembina Yayasan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Ananta Wahana saat memotong pita dan nasi tumpeng diacara tasyakuran pembukaan usaha Agen Fas PT. Cahaya Sekar Energi. (Foto : Kahfi/Semartara.news)

Agen Gas YPKKT Sesuai Aturan Pertamina

Dalam usaha agen gas melon ini, Ananta mengungkapkan, pihaknya tertib mengikuti aturan yang dibuat pihak Pertamina. Contohnya, gas melon diambil langsung di Depot Elpiji Tanjung Priok.

Selanjutnya, terdapat syarat-syaratnya yang harus dipenuhi, mulai dari truknya, mobil pick up, seragam, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan fasilitas keamanan lainnya.

“Ya, kita penuhi persyaratannya, semuanya harus dilakukan dengan benar,” jelasnya.

Terakhir, Ananta berharap, hadirnya agen gas melon bersubsidi ini dapat mengentaskan permasalahan terkait penyediaan gas di lingkungan sekitar.

“Pada Jum’at berkah ini, saya berharap usaha agen gas ini bisa berkembang. Kalau istilahnya pedagang bisa laris-l manis. Dan juga, memberi manfaat bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, tasyakuran pembukaan usaha agen gas PT. Cahaya Sekar Energi itu ditandai pemotongan pita dan potong nasi tumpang.

Adapun para hadirin terdiri dari anggota YPKKT dan pemilik pangkalan di daerah Kabupaten Tangerang.

Selain itu, acara juga turut dihiasi karangan bunga yang dikirim beberapa politisi, di antaranya Arief Wismansyah, Mad Romli, Irvansyah Asmat, Gatot Wibowo, Sumarti, Barhum, dan Yanto pengusaha Menembus Batas. (Tim)

Tinggalkan Balasan