Tanah Gantarawang, Pusat Kerajaan Siluman di Banten

Tanah Gantarawang Pusat Kerajaan Siluman di Banten
Wilayah Banten menyimpan tempat angker yang mistis. Mulai dari Serang sampai Rangkasbitung terdapat lokasi yang terkenal banyak siluman/ Foto: Ilustrasi/istimewa.

Banten, Semartara.News — Wilayah Banten menyimpan tempat-tempat angker dan mistis. Mulai dari Serang sampai Rangkasbitung terdapat lokasi yang terkenal banyak siluman, kaum bunian, antara lain tanah Gantarawang pusat kerajaan siluman, berlokasi di Desa Caringin, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang.

Kawasan tanah Gantarawang, berupa tanah lapang yang banyak tumbuh alang-alang adalah bagian terbesar dari tempat yang angker. Konon katanya pusat tempat angker di Banten berasal dari Gantarawang.

Sementara menurut cerita bahwa di Gantarawang itu terdapat kerajaan siluman yang angker dan mistis.
Oleh karena itu, orang akan hati-hati untuk membicarakan Gantarawang lantaran takut kesambet atau kena tulah.

“Gantarawang merupakan pusat kerajaan hantu. Beberapa peristiwa gaib yang pernah terjadi dapat mendirikan bulu roma,”ujar seorang sumber, di Serang ,Banten.

Menurut dia, bahwa Gantarawang adalah suatu tempat yang berupa padang alang-alang dan semak-semak. Dan di tempat ini terdapat suatu negara yang tak terlihat oleh mata secara lahiriah.

Dia menjelaskan, bahwa makhluk halus yang menghuni Gantarawang adalah sebangsa siluman yang berasal dari prajurit Raja Pucukumun.

Kata dia, bahwa dahulu kala pernah ada kerajaan sebelum Kerajaan Banten Islam, yakni kerajaan Medang Gili. Dengan rajanya bernama Pucukumun.

Konon kerajaan kecil ini berada di bawah Kerajaan Pajajaran bagian barat yaitu Pakuan. Sementara penduduk kerajaan itu mayoritas memeluk Agama Budha.

Terjadi Perang Tanding

Kemudian ketika Sultan Hasanudin datang menyebarkan Agama Islam terjadilah perang tanding. Mereka menyatakan tidak mau memeluk Islam.

Tinggalkan Balasan