Sosialisasi 4 Pilar MPR RI: Ananta Beri Pemahaman Pancasila kepada Generasi Muda di Tangerang

sosialisasi 4 pilar mpr ri
Anggota MPR RI, Ananta Wahana dalam forum Sosialisasi 4 Pilar di Gedung Nyimas Melati, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (20/1/2024).

Tangerang, Semartara.News — Anggota MPR RI, Ananta Wahana memberi pemahaman soal Pancasila kepada generasi muda di Tangerang.

Menurut Ananta, pemahaman soal ideologi bangsa itu penting, lantaran generasi muda harus menjadi garda terdepan yang menerapkan nilai-nilai Pancasila.

“Pemuda harus paham dan mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila. Karena masa depan Republik Indonesia tergantung pada generasi selanjutnya,” ungkap Ananta dalam forum Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Gedung Nyimas Melati, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (20/1/2024).

Terlebi lagi, kata dia, keutuhan bangsa Indonesia bergantung pada keutuhan Pancasila, yang masih dipegang teguh oleh setiap masyarakatnya.

“Bung Karno dan para pendahulu telah sepakat Pancasila sebagai pegangan Bangsa Indonesia,” tegasnya.

“Maka, tugas kita adalah menjaga dan membumikan warisan tersebut,” imbuhnya.

sosialisasi 4 pilar mpr ri
Ananta Wahana Bersama peserta Sosialisasi 4 Pilar MPR RI terdiri generasi muda di Tangerang.

Makna Butir Pancasila

Selanjutnya, Ananta menjelaskan makna dari setiap butir-butir Pancasila, yaitu pada sila ertama, hendaknya bangsa Indonesia atau tiap-tiap individu ber-Tuhan.

Sementara pada sila kedua, Indonesia haruslah menjadi negara merdeka, kemudian menuju ke keluargaan bangsa-bangsa.

Selanjutnya pada sila ketiga, Indonesia bukanlah negara untuk perorangan, kelompok, atau golongan. Akan tetapi, untuk semua bangsa.

Dan pada sila keempat, jalan mufakat atau perwakilan adalah cara bangsa Indonesia menuju keselamatan, perbaikan, dan kebijaksanaan.

Terakhir sila kelima, kata Ananta, sebuah penegasan bahwa dalam negara Indonesia yang merdeka tidak boleh ada kemiskinan.

“Untuk mencapai itu semua (Pancasila), kita memerlukan tiga syarat atau living ideologi, yaitu kita harus meyakini kebenarannya, kemudian dipelajari, dimengerti dan dipahami, terakhir dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Dalam pantauan, para peserta diisi generasi muda dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Di akhir kegiatan, Ananta memberikan bantuan pangan berupa paket sembako kepada peserta Sosialisasi 4 Pilar. (TIM)

Tinggalkan Balasan