Berita  

Pelaku UMKM Diajak Mengurus Persyaratan Usaha Berbasis Online

Pelaku UMKM Diajak Mengurus Persyaratan Usaha Berbasis Online
Pelaku UMKM Diajak Mengurus Persyaratan Usaha Berbasis Online

Tangerang, Semartara.News Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tangerang belajar mengurus persyaratan usaha berbasis online secara mandiri dalam Workshop Persyaratan Usaha Berbasis Online, Jumat (07/06/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Trisakti Yayasan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis dan difasilitasi oleh Bank Mandiri.

Ananta Wahana, Anggota Komisi 6 DPR RI, mengatakan bahwa perizinan usaha sangat penting bagi para pelaku usaha saat ini. Banyak kebijakan pemerintah, termasuk bantuan langsung dan kredit usaha, diberikan berdasarkan kepemilikan izin usaha.

“Nomor Induk Berusaha (NIB) sekarang menjadi hal penting dalam mengembangkan usaha para pelaku UMKM. Bantuan pemerintah, mulai dari dana langsung hingga fasilitas kredit usaha, mewajibkan kepemilikan perizinan tersebut,” ujarnya.

Ananta juga memberikan apresiasi kepada Bank Mandiri yang telah memfasilitasi pelaku UMKM melalui workshop ini. Menurutnya, kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Tangerang.

“Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para peserta untuk belajar mengurus perizinan yang kini banyak berbasis online,” tambahnya.

Ananta menekankan bahwa pihaknya sengaja menggelar berbagai pelatihan bagi UMKM karena sektor ini terbukti mampu menghadapi krisis, seperti krisis ekonomi sebelumnya.
“Apalagi saat ini dimana ketidakpastian ekonomi. Kegiatan ini diharapkan menjadi bagian dari persiapan maupun pencegahan saat terjadi krisis di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Abraham Garuda Laksono, Anggota DPRD Provinsi Banten terpilih, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari aspirasi para pelaku UMKM yang disampaikan kepadanya.

“Banyak pelaku UMKM yang datang kepada saya dan mempertanyakan perizinan usaha. Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada Bank Mandiri yang telah memfasilitasi pelatihan ini,” ujarnya.

Riska, perwakilan dari Bank Mandiri, mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis atas sambutan hangatnya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menggelar kegiatan ini dan mensosialisasikan berbagai program dari Bank Mandiri, mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Kredit Usaha Mandiri (KUM),” ungkapnya. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan