BUMN  

Mata Garuda Minta Pertamina Evaluasi Kebakaran Tangki Balongan

Mata Garuda
Ilustrasi: Tim HSSE & Fire Fighter Pertamina berupaya memadamkan api di lokasi insiden terbakarnya tangki penyimpan BBM di Kilang Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021). (Foto - Antara)

Jakarta, Semartara.News – Asosiasi penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan, Mata Garuda, meminta PT Pertamina (Persero) melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait kebakaran tangki BBM di Kompleks Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada (29/3/2021).

“Semoga Pertamina bisa melakukan evaluasi yang menyeluruh, supaya ke depannya kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” ujar Ketua Umum Mata Garuda, Erbi Setiawan, dalam keterangan resminya yang dikutip dari LKBN Antara, di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Mata Garuda, mengucapkan duka cita yang mendalam kepada seluruh korban luka akibat kebakaran tersebut.

“Indonesia hari ini sedang diuji, mulai dari pandemi, bencana alam, dan adanya sekarang gerakan terorisme. Kita semua harus bisa dalam satu barisan yang sama, barisan yang mengedepankan persatuan dan keutuhan bangsa. Kita semua bisa melewati cobaan ini, sejarah membuktikan Indonesia terus berdiri kokoh sampai sekarang karena kita adalah bangsa yang kuat,” ucapnya.

Hal senada dikemukakan Satya Hangga Yudha Widya Putra, selaku Sekretaris Jenderal Mata Garuda. “Ke depannya, harus ada protokol pengoperasian, pemeliharaan, dan pengamanan kilang yang ketat dalam upaya pencegahan agar tidak terjadi lagi kebakaran,” kata Hangga.

Menurut dia, Pertamina selain kehilangan BBM, juga harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki tangki dan fasilitas lainnya yang rusak, akibat kebakaran kilang ini. “Penanganan atas insiden ini juga membutuhkan kerja sama dengan pemerintah,” ujarnya.

Hangga menambahkan, kebakaran yang berasal dari tangki BBM T-301G, yang kemudian merembet ke tiga tangki lainnya, yaitu T-301E, T-301F, dan T-301H, tentunya akan mempengaruhi persediaan BBM. “Penting bagi Pertamina dapat mengalihkan pasokan BBM dan avtur untuk tiga bandara yang mendapat pasokan dari Balongan, yaitu Husein Sastranegara Bandung, Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Ahmad Yani Semarang,” ujarnya.

Sebanyak empat tangki BBM yang berada di Kompleks Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021) sekitar pukul 00.45 WIB.

Tinggalkan Balasan