Wisata  

Kopi Banten dan Gula Aren Kemasan Bubuk Hadir di Pameran Ekonomi Gotong Royong oleh PDI Perjuangan

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten Asep Rahmatullah bersama Sekretaris DPD PDI Perjuangan Banten Ananta Wahana saat berkunjung ke stand Kopi Banten dalam Pameran Ekonomi Gotong Royong.

SEMARTARA, Tangerang (17/12) – Produk kopi Banten hadir dalam acara Pameran Ekonomi Gotong Royong yang digelar oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Banten. Kegiatan yang dihelat oleh partai besutan Megawati Soekarnoputri, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakornas) sejak Sabtu 16 hingga Minggu 17 Desember 2017 ini, juga menampilkan berbagai produk kerajinan, kuliner, mesin industri, dan hasil pertanian dari berbagai daerah di Indonesia.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ananta Wahana menjelaskan, di stand Banten sendiri, selain Kopi Banten beberapa produk unggulan hasil binaan DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten seperti gula aren, golok Ciomas, madu Baduy juga ditampilkan. “Tidak hanya produk UKM, atau produk budaya seperti golok Ciomas, atau berbagai pernak-pernik Baduy, aneka seni tradisional khas Banten juga ditampilkan,” ujar Ananta Wahana, Minggu (17/12).

Hal ini, kata Ananta, menunjukkan bahwa Banten memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan, lewat produk UKM. Hal ini juga dibuktikan dengan berbagai inovasi yang dilakukan oleh para pelaku usaha, baik pelaku usaha kecil maupun menengah, terus berkembang. Bahkan, untuk produk gula aren dari Banten, yaitu dari wilayah Kabupaten Lebak telah memunculkan inovasi baru dengan kemasan bubuk dengan kuwalitas baik.

“Untuk kesenian tradisional yang diusung, ada rampak bedug, pencak silat, dan berbagai tarian kreasi dan tradisional,” katanya.

Untuk Kopi Banten sendiri, sebenarnya sudah ada sejak beradab-abad yang lalu. Dan, Kopi Banten yang diproduksi oleh UKM Putra Banten tersebut, saat ini menjadi salah satu souvenir, hadiah, oleh-oleh atau buang tangan bagi masyarakat yang datang dan berkunjung di provinsi yang terletak di wilayah ujung Pulau Jawa Tersebut. (Wid)

Baca juga:

  1. Rakornas PDI Perjuangan Akan Dibuka Ketua Umum dan Presiden Jokowi
  2. KPU Kota Tangerang Lakukan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula
  3. KPU Kota Tangerang Lakukan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula

Tinggalkan Balasan