Berita  

Jokowi Inap di Titik Nol IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menggelar prosesi kegiatan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Jakarta, Semartara.News — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai menggelar prosesi kegiatan berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim), hari ini, Minggu (13/3).

33 Gubernur mendampingi Jokowi. Hanya, lima ikut menginap di lokasi. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan gelar kegiatan tersebut.

“Iya,” ucap dia, Kamis (10/3) malam.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim M. Syafranuddin, mengatakan gelar kegiatan itu pada Senin (14/3).

“Kegiatan ritual serta kemah Presiden itu Senin (14/3). Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan, Minggu (13/3), atau satu hari sebelum kegiatan, dan menginap di Balikpapan dulu,” ungkapnya, dikutip dari Antara.

“Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara,” tambahnya.

Prosesi Adat

Gubernur Kaltim Isran Noor, mengungkapkan kegiatan berkemah berlangsung dengan berbagai ritual adat, yang melibatkan air. Selain itu, para gubernur wajib untuk mengenakan pakaian adat daerah masing-masing.

Para gubernur harus membawa air dari daerahnya masing-masing. Penggunaan air untuk prosesi adat dengan tema Kendi Nusantara.

“Para gubernur akan membawa satu liter air yang berasal dari daerah masing-masing,” ungkap Isran dalam keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com pada Jumat (11/3).

Prosesi adat mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal-muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.

Sejauh ini, tujuh provinsi sudah mengkonfirmasi terkait prosesi adat. Yakni Kaltim, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Bengkulu, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Dari Kaltim kami memilih air dari tanah Kutai Lama,” ungkap Kepala Biro Adpim Setprov Kaltim, Ivan Syafranudin.

Pengambilan air di Kutai Lama mempunyai alasan tersendiri. Dalam catatan sejarah Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Lama merupakan pusat Kerajaan Kukar mula-mula selama 4 abad. Terhitung sejak tahun 1300 sebelum berpindah ke Jembayan dan terakhir di Tenggarong.

“Kutai Lama merupakan tonggak awal berdirinya Kerajaan Kutai Kartanegara oleh Batara Agung Dewa Sakti pada sekitar Abad ke-14,” papar Ivan.

“Biasanya untuk mengambil air ini lengkap dengan beras wija kuning, wijen hitam campur dupa, air tepong tawar dan lain-lain,” sambungnya.

Sementara itu, Jokowi baru saja melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara. (Sumber: CNN Indonesia)

Tinggalkan Balasan