Ini Manfaat Kayu Cendana Merah bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Kayu Cendana Merah
Ilustrasi kayu cendana merah (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta, Semartara.News – Manfaat Kayu cendana merah sejak dulu dikenal untuk pengobatan tradisional seperti peradangan, luka, masalah kulit dan masih banyak lainnya.

Jenis kayu ini kaya akan fitokimia seperti glikosida, minyak atsiri, flavonoid dan senyawa polifenol seperti flavonoid, tanin dan asam fenolat. Senyawa ini dikenal karena sifat antioksidan, anti-inflamasi dan analgesiknya yang kuat.

Selain untuk menyembuhkan luka dan peradangan, dikutip dari Antaranews.com, Selasa (11/5/2021), kayu cendana juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang lain. Berikut ini adalah ulasannya seperti dilansir Boldsky.Com.


1. Mengobati sakit kepala

Pasta cendana merah digunakan secara eksternal sebagai agen pendingin untuk mengobati atau mengatasi sakit kepala. Ketika dioleskan di dahi, bisa membuat rileks dan menenangkan pikiran.

2. Menyembuhkan luka

Kayu yang diekstrak dari pohon cendana merah memiliki khasiat penyembuhan luka. Kayu cendana merah terutama digunakan untuk mengobati luka akut akibat komplikasi diabetes. Selain itu, aktivitas angiogenesis kayu membantu dalam pembentukan pembuluh darah baru dan sel kulit untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

3. Menjaga kesehatan kulit dengan baik (halaman selanjutnya…)

Pos terkait