BUMN  

Dana CSR, PNM Bantu YPKKT Renovasi Rumah Budaya

dana csr pnm
Ketua YPKKT, Abraham Garuda Laksono secara simbolik menerima bantuan renovasi Rumah Budaya dari Pimpinan PNM Cabang Tangerang, Hendra Julius didampingi Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana, di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (29/5/2024).

Tangerang, Semartara.News — PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberikan bantuan kepada Yayasan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis (YPKKT) untuk renovasi Rumah Budaya.

Bantuan corporate social responbility atau CSR tersebut diserahkan Pimpinan PNM Cabang Tangerang, Hendra Julius kepada Ketua YPKKT, Abraham Garuda Laksono di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (29/5/2024).

Hendra Julius menjelaskan, bahwa pemberian CSR itu sebagai bentuk komitmen BUMN hadir di tengah masyarakat.

“CSR ini adalah dana dari BUMN, yang dikembalikan lagi kepada masyarakat” katanya.

Menurut Hendra, PNM merupakan lembaga keuangan pemerintah yang menyalurkan pembiayaan, pemberdayaan, dan pembinaan bagi kelompok masyarakat. PNM berusaha memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ini, Rumah Budaya Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis dapat lebih maju dan berkembang dalam karya seni budaya,” ujarnya.

dana csr pnm
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana saat melakukan peletakan batu pertama renovasi Rumah Budaya bertempat di  YPKKT, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (29/5/2024).

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana yang turut hadir mengawasi penyerahan bantuan tersebut menyampaikan, pengajuan CSR kepada PNM berdasarkan kebutuhan konstituennya di wilayah Tangerang Raya.

Kenapa renovasi Rumah Budaya, kata Ananta, sebab salah satu konstituennya di YPKKT adalah para budayawan.

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut, bahwa hal itu sejalan dengan ajaran Trisakti Bung Karno, yang mengatakan bahwa pembangunan bangsa dan negara haruslah ‘berkepribadian dalam kebudayaan’.

“Sehingga ke depannya, tumbuh pada diri pemimpin kita, yang berkepribadian budaya Indonesia,” terang Ananta.

“Selain itu, ada regenerasi di tubuh insan budaya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ananta mengungkapkan, PNM memberikan CSR berupa uang tunai sekitar Rp290 juta. Meskipun dana itu tidak cukup membiayai 100 persen pembangunan, “Setidaknya dana itu menjadi modal dasar bagi Rumah Budaya,” katanya.

Menanggapi hal itu, Ketua YPKKT, Abraham Garuda Laksono mengucapkan terima kasih kepada PT PNM atas bantuan yang telah disalurkan.

“Kami bersyukur melalui Pak Ananta yang selalu menyerap aspirasi masyarakat. Dan terima kasih kepada PNM atas bantuan yang diberikan, sehingga Rumah Budaya ini menjadi lebih baik, besar, dan tentu bermanfaat untuk kebudayaan,” ujar Abraham.

Selanjutnya, kata Abraham, pihaknya akan melakukan pembangunan dengan memanggil ahli teknik sipil.

Dengan adanya renovasi ini, tambah Abraham, fasilitas ruangan akan bertambah, sehingga dapat menampung aktivitas teman-teman budayawan.

“Jadi, kita bisa menampung semua kegiatan berlatih, berkumpul, berdiskusi, dan aktivitas lainnya,” katanya.

“Jadi tidak ada lagi anak-anak yang belajar budaya harus mengalah atau berantem berebut ruang latihan,” ucapnya.

Abraham berharap hubungan kerjasama dengan PNM terus berlanjut demi kemajuan dan kesejateraan masyarakat.

“Saya berharap kerjasama ini bukan kali pertama dan terakhir,” imbuhnya.

Dalam pantauan, rangkaia penyerahan CSR itu disambut penampilan reog dan pemakaian kalung bunga oleh Abraham kepada Pimpinan PNM Cabang Tangerang, Hendra Julius.

Kemudian secara bersama melakukan peletakan batu pertama pembangunan renovasi Rumah Budaya.

Selain itu, terdapat hiburan campur sari dan seremoni penyerahan CSR secara simbolik hingga pemberian bantuan sembako kepada para budayawan.(TIM)

Tinggalkan Balasan