Strategi KPU Kota Tangerang Hadapi Pemilu 2019

SEMARTARA, Kota Tangerang – Usai dilantik pada 24 Desember 2018 lalu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang periode 2018-2023, Ahmad Syailendra mengaku sudah persiapkan strategi dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Pria yang akrab disapa Indra ini akan mengedepankan komunikasi dan koordinasi secara internal maupun eksternal bersama tim jajaran komisioner KPU Kota Tangerang periode 2018-2023.

“Kami sangat siap, jadi yang penting buat kita adalah soliditas. Segala bentuk persoalan yang dihadapi, harus selalu kita komunikasikan secara internal dengan baik,” kata Indra, di acara lepas sambut Komisioner KPU Kota Tangerang periode 2013-2018 dan periode 2018-2023, di Hotel Horison Kota Tangerang, pada Senin (31/12).

Diketahui, Ahmad Syailendra merupakan satu dari 5 Komisioner KPU Kota Tangerang periode sebelumnya yang berhasil lolos seleksi dan ditetapkan sebagai Ketua KPU Kota Tangerang pada periode berikutnya.

Adapun 5 komisioner pada periode sebelumnya yakni Sanusi, saat itu Ketua KPU Kota Tangerang, kemudian Ahmad Syailendra, Banani Bahrul, Bambang, serta Nurhalim. Dan untuk periode berikutnya yaitu Ahmad Syailendra, sebagai Ketua KPU Kota Tangerang saat ini, kemudian Akhmad Gozali, Qori Ayatullah, Rustana, dan Ahmad Subhan.

Dari 5 nama komisioner KPU periode 2013-2018 dan periode 2018-2023, 4 di antaranya mengalami pergantian. Terkecuali Ahmad Syailendra, Komisioner Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik sekaligus Ketua KPU Kota Tangerang periode 2018-2023.

“Saya pikir kita sudah tidak perlu adaptasi lagi, hanya tinggal menyesuaikan saja. Karena memang tahapan demi tahapan sudah ada di depan,” tutur Indra, saat diwawancara awak media.

“Yang penting kita semua di KPU khususnya komisioner baru ini, melihat hal-hal baik yang dilakukan komisioner terdahulu. Dan kalau masih ada kekurangan, kita tanggulangi bersama-sama,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, Indra menerangkan bahwa seorang komisioner harus dapat menjaga integritas, kemandirian, dan independen. “Yang penting kita menjaga dan merawat integritas. Karena Insya Allah penyelenggara pemilu bisa dijadikan karir yang baik untuk masa depan,” katanya.

Di samping itu, Ia meyakini bahwa komisioner yang baru dan seluruh tim jajaran di KPU Kota Tangerang mampu bekerjasama secara baik sesuai aturan yang berlaku. “Mereka orang terbaik, orang-orang terpilih. Karena teman-teman ini basicnya mantan penyelenggara di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Indra, partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu yang damai, jujur, adil dan berdaulat masih menjadi prioritas penyelenggara. Keterlibatan media melalui publikasi juga diakui Indra sudah sangat membantu.

“Ya saya pikir masyarakat untuk saat ini sudah sangat cerdas, sudah aware terhadap proses perjalanan. Tahapan demi tahapan saya pikir kerja KPU ini sudah sangat dibantu oleh masyarakat dan tentunya juga teman-teman media,” tandasnya.

Kegiatan yang dihadiri seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Tangerang ini cukup memberi kesan. Pasalnya, seluruh Ketua PPK secara simbolis menyerahkan cinderamata kepada Sanusi, mantan Ketua KPU Kota Tangerang. (Helmi)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan