Berita  

Pertama Kali, Kecamatan Batuceper Juara Umum MTQ

Pertama Kali, Kecamatan Batuceper Juara Umum MTQ
Kafilah Kecamatan Batuceper saat menerima piala juara umum MTQ XXIII Kota Tangerang

Kota Tangerang, Semartara.News – Untuk pertama kalinya, Kecamatan Batuceper meraih Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIII yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ).

Hasil tersebut berdasarkan keputusan Dewan dan Majelis Hakim, di mana Kecamatan Batuceper meraih nilai tertinggi dengan total 87 poin.

Pengumuman juara umum itu sekaligus menutup MTQ ke-XXIII Kota Tangerang, Pejabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengucapkan selamat kepada para pemenang.

“Selanjutnya, Pemkot Tangerang akan melakukan pembinaan yang lebih massif dan maksimal lagi,” kata Nurdin usai menutup MTQ ke-XXIII tingkat Kota Tangerang, Selasa (22/10/2024).

Karena itu, Nurdin berpesan kepada para peserta untuk terus meningkatkan kemampuan dan tidak lupa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan begitu, Kafilah Kota Tangerang juga dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

“Selanjutnya juga, meningkatkan kemampuan dan kualitas kafilah Kota Tangerang yang lebih baik dan siap menghadapi MTQ tingkat Provinsi Banten mendatang. Di mana sebelumnya, Kota Tangerang Juara II di Provinsi Banten, harapannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Batuceper Mulyani mengungkapkan predikat Juara Umum MTQ Kota Tangerang ini adalah kali pertama untuk Kecamatan Batuceper.

“Ini adalah perjuangan panjang, mulai dari pencarian atau penyaringan bibit terbaik hingga akhirnya dilakukan pembinaan yang lebih serius kepada mereka yang akan bertanding,” ujar Mulyani.

Pada MTQ ke-XXIII, Mulyani mengatakan, pihaknya mendelegasikan sebanyak 62 qori-qoriah terbaiknya. Alhasil, Mulyani mengatakan, Kecamatan Batuceper berhasil meraih 23 piala dari 6 kategori dan 54 kategori perlombaan.

“Kafilah Batuceper juga melakukan karantina selama dua hari untuk proses penguatan mental dan fisik dalam menghadapi pertandingan,” imbuhnya.

Juara Umum MTQ ke-XXIII Kota Tangerang

Adapun posisi juara di MTQ XXIII Kota Tangerang, Kecamatan Batuceper 87 poin, Kecamatan Jatiuwung 78 poin, dan Kecamatan Ciledug 70 poin.

Sementara Juara Kreasi Pawai Ta’aruf dimenangkan oleh Kecamatan Karang Tengah dengan skor 275, Juara II Kecamatan Jatiuwung dengan skor 250, dan Juara III Kecamatan Cipondoh dengan skor 200.

Sebagai informasi, peserta MTQ ke-23 ini, diikuti oleh 745 kafilah dari 13 kecamatan se-Kota Tangerang dengan bidang-bidang yang dimusabaqohkan yaitu cabang tilawah; cabang hifzhil Qur’an; cabang khottil Qur’an; cabang fahmil Qur’an; cabang syarhil Qur’an; cabang qiro’atul kutub; cabang hifdzil hadits (hafalan hadits); dan cabang tafsir Al-Qur’an.

Selanjutnya, MTQ tingkat Kota Tangerang tahun 2025 akan berlangsung di Kecamatan Cipondoh sebagai tuan rumah.(Kahfi/Red)

Tinggalkan Balasan