Berita  

Presiden Instruksikan Bantu Korban Gempa Bumi di Turki dan Suriah

Presiden Instruksikan Bantu Korban Gempa Bumi di Turki dan Suriah
Presiden Instruksikan Bantu Korban Gempa Bumi di Turki dan Suriah

Jakarta, Semartara.News Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para pejabatnya untuk mengoordinasikan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana alam gempa bumi di Turki dan Suriah. 

Mengutip Setkab, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan bahwa pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan tahap pertama, yang terdiri dari personel dan peralatan pendukung, termasuk dokter dan tenaga medis. Kloter pertama bantuan ini telah diberangkatkan pada 11 Februari 2023 dan kloter kedua pada 13 Februari 2023. 

Bantuan tahap kedua akan berupa dokter dan ahli kesehatan untuk menangani penyakit menular, sementara bantuan tahap berikutnya akan berupa bahan pangan dan logistik. Presiden Jokowi juga menyetujui pengiriman bantuan uang tunai atau nonmaterial. Semua bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di Turki dan Suriah.

“Untuk kloter pertama itu kita kirim sebanyak 62 personel dengan berikut perangkat-perangkat peralatan pendukungnya. Kemudian pada tanggal 13 Februari itu kita kirim 181 personel orang untuk melakukan tugas-tugas perbantuan di sana, terutama untuk pertolongan pertama yaitu SAR dan tenaga medis untuk pertolongan pertama terutama dibutuhkan dokter-dokter bedah ortopedi,” tutur Menko PMK.

Tinggalkan Balasan