IPLT Kota Tangerang Berkontribusi Dalam Penilaian Kota Sehat 2022

IPLT Kota Tangerang Berkontribusi Dalam Penilaian Kota Sehat 2022
Salah satu instalasi lumpur tinja (IPLT) yang dikelola oleh Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kota Tangerang di Jalan Bawang, Perumnas Kota Tangerang.

Kota Tangerang, Semartara.News — Sederat penghargaan pada acara “Kemah Bakti Kesehatan Tahun 2022 dan Gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-58 Provinsi Banten” yang digelar di Bumi Perkemahan Lebak Wangi Kota Serang pada 20 Oktober 2022 lalu diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Salah satu penghargaan tersebut yaitu Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten (Swasti Saba Wistara).

Banyak tatanan yang dinilai dalam Kota Sehat, salah satunya instalasi lumpur tinja (IPLT) yang dikelola oleh Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kota Tangerang di Jalan Bawang, Perumnas Kota Tangerang.

“Alhamdulillah IPLT yang kami kelola ini dapat berkontribusi dalam penilaian Kota Sehat dan mendapat penghargaan terbaik se Provinsi Banten,” kata Kepala Dinas Perkim Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja.

IPLT Kota Tangerang berkontribusi dalam penilaian Kota Sehat dan mendapat penghargaan terbaik se Provinsi Banten.

Penghargaan itu diperoleh, kata Sugiharto yang akrab dipanggil Ugi, tidak lepas dari kerja keras para karyawan dalam melakukan pengolahan lumpur tinja di Kota Tangerang.

Pasalnya, tambah dia, meskipun di setiap kecamatan pelayanan itu hanya ditangani dengan satu sarana mobil penyedot lumpur tinja, namun dapat diatasi dengan baik.

“Untuk melayani penyedotan lumpur tinja di 13 Kecamatan di Kota Tangerang ini, kami hanya didukung dengan 13 mobil penyedot lumpur tinja. kendati demikian dapat menghasilkan sesuatu yang optimal,” papar Ugi.

Sedangkan kapasitas IPLT yang dimiliki, tambah Ugi, setiap harinya mampu menampung 98 m3 lumpur tinja dari seluruh wilayah di Kota Tangerang.

Lebih jauh Ugi menjelaskan untuk menjaga pengelolaan lumpur tinja agar tetap berjalan baik dan lancar, Dinas Perkim Kota Tangerang melalui Bidang Air minum dan Air Limbah secara rutin melakukan pemeliharaan, baik terhadap instalasi pengolahan lumpur tinja, maupun lingkungan di sekitar area IPLT.

Sehingga kata dia, IPLT tetap beroperasi dengan baik dan lancar, serta memiliki lingkungan yang bersih dan asri.

Yang tak kalah penting, tutur Ugi, IPTL Kota Tangerang mampu menghasilkan pengelolaan air bersih dan sehat serta pupuk yang dapat menyuburkan tanaman.

“Dengan hasil yang maksimal ini, maka IPLT Kota Tangerang mampu berkontribusi dalam penilaian kota sehat 2022,” pungkas Ugi. (Adv)

Tinggalkan Balasan