Berita  

Mendag: Digitalisasi Pasar Tingkatkan Penjualan

Mendag: Jangan Ada Permainan Harga Sembako di Kawasan Bencana
Mendag: Jangan Ada Permainan Harga Sembako di Kawasan Bencana

Bandung, Semartara.NewsMenteri Perdagangan (Mendag) menyebut digitalisasi pasar tradisional meningkatkan penjualan sebesar 59 kali dibandingkan sebelumnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebutkan sistem digitalisasi atau perdagangan secara daring bisa mempermudah interaksi antara pedagang dan pembeli. Sistem digitalisasi pasar itu pun, lanjutnya, menjadi salah satu tugas dari Presiden Joko Widodo kepada pihaknya.

“Jadi ini lebih efisien, lebih mudah, ibu-ibu bisa nggak datang ke pasar tapi belanjaannya datang ya, ini bisa menjadi percontohan,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan seperti di kutip dari Antaranews.

Zulkifli Hasan melanjutkan, dalam upaya transformasi pasar tradisional itu, Kemendag menargetkan satu juta pedagang yang menggunakan sistem digitalt. Kemendag berharap kisah sukses pasar yang menggunakan sistem digital itu agar ditularkan ke pasar-pasar lainnya.

“Digitalisasi, oleh karena itu kami, Kementerian Perdagangan, targetnya itu sejuta pemberdayaan, pemberdayaan pedagang,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan menambahkan, sejak tahun 2021 sejumlah pedagang di Pasar Baru Cicalengka bekerja sama dengan platform Tokopedia  berdagang secara digital. Menurutnya, penggunaan sistem tersebut juga mempermudah proses promosi kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan