SPBU di Kota Tangerang Mulai Sosialisasi Pendaftaran BBM Subsidi

Sosialisasi pedaftaraan untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bagi kendaraan roda empat mulai gencar di Kota Tangerang.

Kota Tangerang, Semartara.News – Sosialisasi pendaftaran untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi kendaraan roda empat mulai gencar dilakukan di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Tangerang.

Seperti yang terlihat di salah satu SPBU di Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Banten. Spanduk pemberitahuan untuk mendapatkan BBM bersubsidi bagi kendaraan roda empat terpampang di bagian tembok pagar SPBU.

Menurut Pemilik SPBU, Chandra Gunawan, spanduk pemberitahuan digelar dengan tujuan untuk mensosialisasi kepada masyarakat,  bahwa pendaftaran pembelian BBM bersubsidi merupakan ketentuan dari Pertamina Pusat sebagai  bentuk pengendalian agar tepat sasaran.

Dengan sosialisasi tersebut lanjutnya, diharapkan masyarakat segera mendaftar dan mengetahui apakah kendaraan miliknya layak mendapatkan BBM bersubsidi atau tidak.

“Masyarakat diminta untuk men-download aplikasi My Pertamina. Setelah itu mereka bisa mendaftar atau memasukkan data untuk diproses,” kata dia.

Setelah diproses, tambahnya, baru akan ketahuan apakah jenis mobil mereka layak untuk mendapatkan BBM bersubsidi atau tidak. ” Yang jelas untuk mobil mewah tidak dapat membeli BBM bersubsidi,’ tandas dia.

Lebih jauh Chandra menjelaskan, untuk  pembelian BBM bersubsidi menggunakan aplikasi MyPertamina atau melalui website subsiditepat.mypertamina.id itu sementara ini belum dilaksanakan di wilayah di Tangerang.

“Sementara ini penggunaan aplikasi tersebut di Jabodetabek belum diberlakukan. Tetapi di beberapa daerah seperti  Jogjakarta sudah,” papar dia.

Chandra mengatakan setelah ada kenaikan pada BBM non subsidi, terjadi penurunan pembelian terhadap BBM tersebut sekitar 15-20 persen. Pasalnya  konsumen banyak yang beralih ke BBM bersubsidi.

“Ya, mudah-mudahan pengendara yang memiliki mobil mewah bisa memahami hal tersebut. karena sejauh ini pemerintah sudah banyak bersubsidi ke BBM jenis Pertalite dan Solar,” papar  Chandra.

Sementara itu salah satu pengendara roda empat Ari F. Sumidang mengaku setuju atas kebijakan yang dikeluarkan pertamina pusat terkait pengendalian BBM bersubsidi. ”Ya selama ketentuan itu untuk kepentingan pengendalian BBM bersubsidi kami setuju,” ungkap pengguna roda empat, Honda Brio.

Step by Step Pendaftaran

Adapun cara mendaftar untuk pemilik kendaraan roda empat yang layak mendapatkan BBM bersubsidi sebagai berikut:

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya;

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id;

3. Centang informasi memahami persyaratan;

4. Klik daftar sekarang;

5. Ikuti instruksi dalam website tersebut;

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat      email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran     di website secara berkala;

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina. (Kahfi/Tri)

Tinggalkan Balasan