Berita  

Peduli Rohingya, Madrasah di Banten Salurkan Bantuan Rp642 juta

Baznas Provinsi Banten menerima bantuan dana peduli Muslim Rohingya secara simbolis, di Aula Kanwil Kemenag Banten. (FOTO Soe)

SEMARTARA, Serang (10/10) – Siswa sekolah madrasah dan orangtuanya berhasil mengumpulkan uang peduli muslim Rohingya, Myanmar lebih dari setengah miliar. Uang tersebut dikumpulkan selama satu bulan. Total bantuan dana yang berhasil dikumpulkan sebanyak Rp642 juta. Bantuan dana tersebut disalurkan melalui Baznas Provinsi Banten, dan disaksikan oleh Komisioner Baznas RI, Emmy Hamidiyah.

Menurut Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Mahfudin, pengumpulan dana bantuan tersebut tidak kurang dari sebulan. Pihaknya memberikan himbauan kepada masing-masing madrasah melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di masing-masing Kabupaten/Kota.

“Bantuan ini respon positif dari Madrasah,” kata Mahfudin di sela penyerahan Bantuan Kemanusiaan untuk Muslim Rohingya dari RA, MI, MTs, MA di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Banten di KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (9/10).

Mahfudin menjelaskan, penyerahan dari pihak madarasah dipungut secara tunai, kemudian ditranper ke rekening Baznas Provinsi setelah itu baru ditransfer ke Baznas RI. Menurutnya, bila melihat jumlah relatif banyak, ini sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.

“Bantuan ini diberikan untuk kebutuhan sandang pangan orang-orang Rohingya. Kami
serahkan sepenuhnya kepada Baznas Pusat untuk penyalurannya,” jelasnya.

Ketua Baznas Provinsi Banten, Suparman Usman mengatakan, bantuan dana untuk muslim Rohingya di Myanmar, kata Suparman, bila diakumulasikan jumlahnya mendekati angka satu miliar.

“Sebelumnya bantuan diperoleh dari berbagai elemen masyarakat dengan total sekitar Rp250 juta. Bila ditambah dengan madrasah mencapai Rp642 jutaan maka berjumlah sekira Rp900 jutaan,” ungkapnya.

Komisioner Baznas RI Emmy Hamidiyah mengatakan, bantuan kemanusian bagi muslim Rohingya di Myanmar Baznas RI menargetkan Rp5 miliar yang diperuntukan bagi pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Saat ini Baznas sudah menyalurkan bantuan berupa logistik, kesehatan bagi masyarakat Rohingya,” katanya. (Soe)

Baca juga:

  1. Garuda Indonesia Pensiunkan Pesawat Boeing 747-400 Terakhirnya
  2. Jokowi Ingatkan Masyarakat Tak Mudah Terpengaruh Berita Bohong
  3. DPC PPP Kubu Djan Fariz Nyatakan Dukungan Iskandar Mirsyad untuk Dampingi Zaki

Tinggalkan Balasan