Berita  

BLT untuk Warga Terdampak COVID-19 dari Pemkab Tangerang Turun

SEMARTARA – Sebanyak 83. 333 warga Kabupaten Tangerang yang terdata sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) segera terima bantuan langsung tunai (NLT). Pasalnya, hari ini, Senin 11 Mei 2020, dana bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang mulai cair.

Secara simbolis, penyerahan dana BLT untuk warga terdampak COVID-19 dari Pemkab Tangerang ini diserahkan langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Aula Kecamatan Tigaraksa, dengan perwakilan 50 orang warga terdampak COVID-19.

Zaki mengatakan, secara bertahap, hari ini dimulai penyalurannya melalui BRI langsung tunai dari Pemkab Tangerang untuk 83.333 warga terdampak COVID-19 di Kabupaten Tangerang.

“Hari ini kita mulai secara bertahap penyaluran bantuannya yang berasal dari APBD Kabupaten Tangerang untuk masyarakat, akan tetapi masih bertahap dan di Tigaraksa ini yang pertama,” ujar Ahmed Zaki Iskandar.

Zaki meminta kepada masyarakat untuk bersabar dalam menerima bantuan dari Pemkab Tangerang tersebut, karena itu semua butuh waktu dan proses untuk pencetakan buku dan kartu ATM, serta validasi data, dan juga dikrocsek. Karena, penerima ini tidak bisa double-double.

“Saya minta masyarakat bersabar, karena ini semua butuh proses perbankannya, dan yang jelas nanti sebelum lebaran semua masyarakat di 29 kecamatan bisa mendapatkan bantuannya, bahkan sampai tiga bulan ke depan,” katanya.

Zaki juga menegaskan, agar uang tersebut dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebutuhan hidup di tengah kondisi saat ini, bukan untuk yang lain-lain karena bantuan ini sangat terbatas satu KK hanya Rp600 ribu.

“Jadi, sekali lagi, tolong belikan kebutuhan untuk kebutuhan sehari-hari bukan untuk kebutuhan yang lain-lain. Jangan sampai nanti diterima bukan untuk beli sembako yang lain-lain dan ketika lapar uangnya sudah habis dan teriak-teriak lagi. Untuk itu, dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Ujat Sudrajat selaku Kadinsos Kabupatem Tangerang, mengungkapkan, bantuan tunai langsung yang diberikan mulai hari ini berasal dari APBD Kabupaten Tangerang untuk diberikan kepada masyarakat terdampak COVID-19 yang berjumlah 83.333 KK. Dan, untuk hari ini, Senin 11 Mei 2020, baru Kecamatan Tigaraksa. Sedangkan untuk kecamatan lain masih butuh proses.

“Total penerima di Kabupaten Tangerang ada 83.333 penerima manfaat, dan itu akan dibagikan selama tiga bulan berturut-turut dari Pemkab Tangerang untuk masyarakat terdampak COVID-19,” tandasnya.

Dikatakan pula, bantuan dari pusat total sebanyak 102.572, dari Provinsi Banten 149.133, dan dari Kabupaten Kabupaten Tangerang 83.333.

Sementara itu, Sarim, salah seorang penerima bantuan asal Desa Margasari Tigarakasa yang berprofesi sebagai petani mengungkapkan rasa harunya bisa mendapatkan bantuan dari Pemkab Tangerang di tengah situasi yang serba sulit saat ini.

“Saya berterimakasih sekali sama Pa Zaki, saya bisa dapat bantun dari pemerintah. Bantuan ini akan saya pergunakan dengan baik,” ucap pria usia 77 tahun tersebut dengan haru.

Tinggalkan Balasan