“Job” Manggung Mandek, Ananta Bantu Sembako untuk Kelompok Sesaji

SEMARTARA – Dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) juga dirasakan oleh para pelaku hiburan panggung di Tangerang. Karena, semenjak pandemi global mulai menyebar ke wilayah Indonesia, serta social distancing dan physical distancing diberlakukan, ‘job’ di hajatan mereka mandek. Secara otomatis pula, mereka kehilangan matapencaharian.

Kondisi ini menjadi perhatian khusus Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Banten III, Ananta Wahana. Untuk membantu meringankan beban para pelaku hiburan panggung dan hajatan ini, melalui program Kunjungan ke Daerah Pemilihan (Kundapil), Ananta membagi-bagikan sembako. Salah satunya adalah kelompok Seniman Satu Jiwa (Sesaji) yang bermarkas di wilayah Kota Tangerang. Melalui Ngadino selaku pentolan di paguyuban tersebut, Ananta membagikan paket sembako seperti beras, minyak goreng, mie instan, serta sarden.

“Kondisi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, terutama yang terdampak COVID-19 saat ini adalah kebutuhan pokok, sembako. Untuk itu, melalui Kundapil ini, kami turun langsung ke masyarakat, serap aspirasi sambil membagikan sembako. Kami juga salurkan sembako ke kelompok paguyuban Sesaji,” ujar Ananta Wahana, Sabtu 24 April 2020.

Dalam kelompok sesaji ini terdiri dari pemain campursari, dalang penganten, serta penari cucak lampah. Dengan kondisi pandemi global seperti ini, dan tidak adanya acara hajatan, secara otomatis mereka kehilangan penghasilan. Ananta berharap, bantuan sembako ini bisa meringankan beban hidup mereka di tengah pandemi COVID-19.

Pada hari yang sama, Ananta juga membagikan ribuan sambako kepada para kader DPC PDI Perjuangan di Kabupaten dan Kota Tangerang. Menurut Ananta, sebagai kader partai dan wakil rakyat dari Dapil Banten III, dirinya memiliki tanggung jawab moral untuk hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat, terutama di daerah pemilihannya, untuk membantu mereka.

“Sesuai dengan intruksi DPP PDI Perjuangan, dan arahan dari Ibu Ketua Umum, sebagai kader dan anggota DPR RI, harus hadir di tengah-tengah penderitaan rakyat. Hari ini kami bagikan paket sembako untuk kader partai yang terdampak COVID-19, serta masyarakat umum yang juga merasakan dampak dari pandemi global COVID-19 ini. Termasuk untuk paguyuban di Sesaji,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang, yang juga sebagai Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo mengucapkan terimakasih kepada Ananta Wahana yang telah terjun langsung membantu masyarakat dengan membagikan paket sembako. Menurut Gatot, ratusan paket sembako yang ia terima ini sangat membantu masyarakat, terih dalam kondisi saat ini.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih, dan ini sangat-sangat membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Dan, kami juga memberikan apresiasi yang positif, karena sebgai Anggota DPR RI, Pak Ananta benar-benar hadir dan turun langsung ke masyarakat, apalagi ini tidak dengan tangan kosong,” tandasnya.

Selain ke kelompok Sesaji serta DPC PDI Perjuangan Kabupaten dan Kota Tangerang, Kundapil Ananta dalam berjuang melawan COVID-19 ini juga menemui salah seorang tokoh santri di Pondok Pesantren Riyadlul Huda milik Yayasan Yusufi Belendung Kota Tangerang. Dalam hal ini, Ananta bertemau dengan Gus Ipong. Selain mendengar aspirasinya, Ananta juga membagikan paket sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19 di lingkungan pondok pesantren tersebut.

Gerakan paket sembako dalam kegiatan Kundapil Ananta Wahana berjuang melawan COVID-19 ini juga menyasar masyarakat Cina Benteng di Kota Tangerang. Dalam hal ini, Kode Tomi selaku tim Tenaga Ahli Ananta Wahana di Komisi VI, ikut turun membagikan paket sembako tersebut. Dengan harapan, dapat meringankan beban masyarakat yang juga terdampak COVID-19.

Tinggalkan Balasan