Berita  

Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Proyek Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Semarakkan Bulan K3 Nasional 

Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Proyek Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Semarakkan Bulan K3 Nasional 
Pentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3), Proyek Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Semarakkan Bulan K3 Nasional. (Istimewa)

Sumatera, Semartara.News Memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 yang berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2023, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero), PT Hutama Marga Waskita sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan tema K3 nasional tahun ini yaitu “Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”. 

Vransiscus Sinaga selaku Health and Safety Executive (HSE) Hutama Marga Waskita dan Dadi Suprapto selaku Kepala Proyek pada Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat membuka rangkaian kegiatan ini di beberapa titik seksi proyek.

Upacara dilaksanakan sebagai wujud komitmen Hutama Marga Waskita dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara disiplin untuk meningkatkan produktivitas setiap pekerja dan mencapai zero accident, zero fatality. 

Manajemen Hutama Marga Waskita terus menekankan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang tentunya bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas. 

“Ada satu hal yang penting kita pahami untuk mencegah atau meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan yakni pola pikir kita dalam memandang dan bersikap untuk mengutamakan keselamatan dalam setiap aktivitas kita sehari-hari”, kata Joko Purwanto Direktur Teknik Hutama Marga Waskita. 

“Semua pekerja di Proyek Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat adalah aset yang sangat berharga sehingga harus dipastikan aspek keamanannya. Perlu diingat juga bahwa K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja jadi memang harus ada kesadaran dari masing-masing individu”, tambahnya 

Untuk menyemarakkan bulan K3 tahun 2023 ini, Proyek Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat mengadakan sejumlah kegiatan yaitu Sharing Knowledge terkait Contractor Safety Management System (CSMS), Pembuatan Job Safety Analysis (JSA) dan Work Permit serta cara pemakaian Full Body Harness untuk pekerjaan dalam ketinggian.

Aksi simulasi teknik penanganan pertolongan pertama pada kecelakaan kerja juga menjadi kegiatan dalam memperingati Bulan K3 tahun ini. Selain itu dalam rangkaian kegiatan Bulan K3, Hutama Marga Waskita dan Hutama Karya melakukan pembagian sembako dan program Jumat berkah yang rutin dilakukan kepada warga sekitar proyek . 

Puncaknya, dibuka dengan jalan santai dan dilanjutkan dengan cek kesehatan guna mengetahui kondisi kesehatan fisik setiap pekerja serta donor darah yang melibatkan seluruh pekerja di JTTS Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batu Bara dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Simalungun. 

Selain memberikan manfaat untuk penanganan pasien di rumah sakit, aksi donor darah juga bermanfaat bagi pendonor antara lain dapat mengetahui kondisi kesehatan seperti tekanan darah, HB dan lainnya serta mendeteksi penyakit yang mungkin diderita oleh calon pendonor, sehingga Perusahaan dapat memastikan kesehatan dan melakukan mitigasi terhadap masalah deteksi dini penyakit setiap pekerja di proyek ini. (Adv)

Tinggalkan Balasan