Berita  

Kesiapan Tol Cipali Menghadapi Arus Mudik Lebaran

Kesiapan Tol Cipali Menghadapi Arus Mudik Lebaran
Ilustrasi Jalan Tol

Jakarta, Semartara.News – Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tengah bersiap untuk menghadapi arus mudik Lebaran dan arus balik pada tahun 2023. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Lintas Marga Sedaya, dengan merek Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali), telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi lonjakan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran.

Mengutip RumahCom, Diperkirakan akan terjadi peningkatan sebesar 4,1 persen atau sekitar 121 ribu kendaraan yang akan melintasi jalan tol Cipali pada puncak arus mudik di H-3 atau tanggal 1 April 2023. Selain itu, ada juga perkiraan sebanyak 139 ribu kendaraan yang akan melintas pada H+3 setelah Lebaran.

Presiden Direktur Astra Tol Cipali, Firdaus Azis, mengatakan bahwa persiapan yang lebih detail diperlukan untuk menghadapi lonjakan lalu lintas tersebut. Persiapan ini meliputi penambahan fasilitas, rencana rekayasa lalu lintas, penyediaan rest area, dan lain-lain. Astra Tol Cipali juga melakukan pelebaran lajur ketiga di depan rest area untuk mengurai kepadatan.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di rest area yang menjadi lokasi favorit para pengguna jalan tol untuk beristirahat, Astra Tol Cipali melakukan pengaturan waktu istirahat di rest area yang bekerjasama dengan Kepolisian wilayah. Jika kapasitas daya tampung di rest area sudah mencapai 70 persen, maka akan dilakukan imbauan untuk beristirahat di rest area selanjutnya atau keluar gerbang tol terdekat.

Astra Tol Cipali juga menambah berbagai fasilitas di rest area demi meningkatkan kenyamanan pengguna jalan. Ini termasuk penambahan toilet di rest area Km 86 arah Jakarta dan Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir, serta di rest area Km 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet. Kapasitas kantong parkir yang berada di rest area Km 86 arah Jakarta dan Cirebon mampu menampung hingga 150 kendaraan, sementara rest area Km 130 arah Jakarta dan Cirebon dapat menampung hingga 350 kendaraan.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korlantas Indonesia, dan Direktur Jenderal Bina Marga terkait dengan Peraturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyebrangan Selama Arus Mudik dan Balik Angkutan Lebaran tahun 2023, Astra Tol Cipali siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan one way di ruas tol Cipali.

Astra Tol Cipali siap mendukung pelaksanaan pemberlakuan one way di ruas tol Cipali yang akan dimulai di tanggal 18 April hingga 21 April mulai dari Km 71 sampai dengan Km 414. 

Sedangkan untuk arus balik lebaran one way akan dimulai di tanggal 24 hingga 26 April dan 29 April sampai 2 Mei dari Km 414 dan Km 72.

“Kami juga menghimbau kepada para pemudik maupun pengguna jalan tol untuk segera masuk ke rest area bila lelah atau mencari alternatif lain bila kondisinya terlalu penuh. Jangan ragu untuk keluar tol karena kalau nanti masuk lagi tidak akan menambah tarif, yang dihitung tarif per Km jadi kalau keluar masuk tarifnya tidak akan lebih mahal,” imbuhnya. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan