Lewat Program Tanggung Jawab Sosial, Hutama Karya Dukung Masyarakat Bangkit Lebih Kuat Melalui Bantuan Pendidikan dan Sembako

Hutama Karya Dukung Masyarakat Bangkit Lebih Kuat Melalui Bantuan Pendidikan dan Sembako (Humas)
Hutama Karya Dukung Masyarakat Bangkit Lebih Kuat Melalui Bantuan Pendidikan dan Sembako (Humas)

Jakarta, Semartara.News Merayakan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menyalurkan puluhan bantuan fasilitas pendidikan pada beberapa sekolah dan PAUD di wilayah Jabodetabek yakni di Sekolah Terpadu Putra 1 – Jakarta Timur, serta PAUD Kartika, TK Al Muhajirin, MIS Nur Falahiyah, Taman Baca Masyarakat Hadadan dan PAUD Al Faezya di Provinsi Banten. 

Bantuan fasilitas pendidikan yang disalurkan berupa 40 unit perangkat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terdiri atas 30 unit laptop, 5 unit komputer dan 5 unit proyektor. Bantuan diserahkan langsung secara pararel oleh Vice President TJSL Hutama Karya Agus Kosasih kepada Pengurus Yayasan Sekolah Terpadu Putra 1, Jakarta Timur pada Jum’at (5/8) serta kepada Pengurus PAUD Kartika, TK Al Muhajirin, MIS Nurul Falahiyah, Taman Baca Masyarakat Hadadan, dan PAUD Al Faezya di Provinsi Banten seminggu kemudian pada Jum’at (12/8). 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa pemberian bantuan pendidikan ini merupakan salah satu dukungan perusahaan dalam menyemarakkan ulang tahun RI dan mewujudkan Indonesia bangkit lebih kuat lewat penguatan sektor pendidikan.

“Ini merupakan bagian dari Program HK Peduli Pendidikan, sekaligus dalam rangka program kolaborasi TJSL BUMN untuk Banten dimana pendidikan menjadi salah satu fokus tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Kami berharap bantuan fasilitas pendidikan TIK ini dapat mendukung dan menunjang kegiatan maupun aktivitas belajar dan mengajar yang lebih modern dan menciptakan pendidikan berkualitas di masing-masing sekolah yang berada di sekitar lingkungan bisnis perusahaan,” ujar Tjahjo.

Salah satu perwakilan penerima bantuan yaitu Tjahjono selaku Kepala Yayasan Sekolah Terpadu Putra 1 di Jakarta Timur menyampaikan apresiasi kepada Hutama Karya atas bantuan yang diberikan. 

“Dengan adanya bantuan TIK ini, para pengajar dan siswa-siswi kami akan lebih terbantu dan merasa lebih nyaman saat kegiatan belajar dan mengajar karena fasilitasnya terpenuhi. Bantuan ini akan kami manfaatkan dengan baik.” ujar Tjahjono Kepala Yayasan Sekolah Terpadu Putra 1, Jakarta Timur.

Terhitung selama tahun 2022 Hutama Karya telah fokus pada bidang pendidikan lewat renovasi infrastruktur pendidikan, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, bantuan beasiswa pendidikan, hingga bantuan perangkat TIK di sekitar wilayah operasi perusahaan utamanya ruas-ruas proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Seluruh rangkaian kegiatan penyaluran bantuan TIK yang telah dilakukan oleh Hutama Karya ini telah mengacu pada ISO 26000 sekaligus Sustainable Development Goal (SDGs) No.4 tentang Pendidikan Berkualitas.

Tak hanya menyalurkan bantuan pendidikan, Hutama Karya melalui cucu perusahaannya yakni PT Bhirawa Steel (Bhirawa Steel) juga telah menyalurkan 3000 paket sembako di beberapa lokasi di Pulau Jawa. Pembagian Sembako ini digelar serentak sehari sebelum HUT ke 77 RI yakni pada Selasa (16/8) di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Pembagian sembako secara simbolis diserahkan langsung oleh Managing Director Bhirawa Steel Harry Budi Prasetya kepada masyarakat di lingkungan sekitar wilayah operasi Bhirawa Steel di Surabaya.

Direktur Utama Bhirawa Steel Arry Aryadi mengatakan bahwa dalam penyaluran paket sembako ini, Bhirawa Steel menggandeng aparat dan lembaga sosial untuk verifikasi data penerima bantuan.“Adapun paket sembako kami optimalkan lewat pemberdayaan UMKM dengan berisikan antara lain beras, gula merah, dll,” ujar Arry.

Sebagai informasi, Bhirawa Steel merupakan cucu perusahaan dari Hutama Karya yang berlokasi di Surabaya. Bergerak di bidang industri penggilingan Baja terkemuka di Indonesia, Bhirawa Steel sudah menyuplai Baja Tulangan Beton ke berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) maupun proyek-proyek gedung, salah satunya adalah sirkuit MotoGP. 

Optimalkan Capaian SDGs, Hutama Karya Dukung Masyarakat Bangkit Lebih Kuta Melalui Bantuan Pendidikan dan Sembako

Selain optimal dalam penyaluran TJSL di bidang pendidikan, Hutama Karya juga optimal dalam program-program TJSL di Bidang Lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya 2 (dua) penghargaan pada ajang TJSL & CSR Award 2022 yang diselenggarakan oleh BUMN Track yakni dengan kategori Pilar Lingkungan Terbaik #Star4 (Bintang Empat) dan Pilar Sosial #Star4 (Bintang Empat). 

Penghargaan diterima langsung oleh Vice President TJSL Hutama Karya Agus Kosasih di Grand Ballroom Hotel JW Marriot Mega Kuning, Jakarta pada Kamis (11/8), atas komitmen Perusahaan dalam mendukung berbagai program sosial dan lingkungan yang telah dilakukan dalam menghubungkan kebaikan antara lingkungan dan sosial masyarakat.

“Ini menjadi bukti bahwa program TJSL telah kami implementasikan secara komprehensif sesuai dengan prinsip-prinsip serta empat pilar Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Pilar Sosial, Ekonomi, Lingkungan, serta Hukum dan Tata Kelola,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya. 

Sebelumnya. Hutama Karya juga telah berhasil memperoleh beberapa penghargaan dalam ajang bergengsi Indonesia CSR & TJSL Award 2022 kategori Construction Sector Industry dan TOP CSR Award 2022 kategori #Star 4 (Bintang Empat) dan Top Leader On CSR Commitment 2022.

Ketua Komite Penilai TJSL & CSR Award 2022 Thendri Supriathi menyampaikan bahwa acara TJSL & CSR Award tahun ke-2 kali ini telah diikuti oleh 82 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan dengan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN dalam upaya pemulihan pembangkitan ekonomi di era transisi pandemik menuju endemik.(Adv)

Tinggalkan Balasan