Wisata  

Ratusan Stand UMKM Meriahkan Tangerang Expo 2018

SEMARTARA, Kota Tangerang (27/2) – Menandai hari jadinya yang ke-25, Pemerintah Kota Tangerang kembali adakan Tangerang Expo 2018 yang terselenggara di lapangan ex terminal Cibodas, Kecamatan Cibodas, pada Selasa (27/2).

Pejabat Sementara (PJs) Walikota Tangerang, H. M. Yusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi dan mampu menjadi kekuatan dalam menghadapi perubahan zaman.

Namun seiring perjalanannya, menurut Yusuf, UMKM masih menghadapi berbagai kendala seperti akses pasar, permodalan, penerapan teknologi, dan pusat pelatihan hingga Sumber Daya Manusia (SDM).

“Oleh karena itu pengembangan sektor UMKM harus jadi perhatian khusus pemerintah daerah agar para pelakunya tidak tenggelam seiring dengan gencarnya gempuran produk ekspor serta ketatnya persaingan global,” ungkap Yusuf saat membuka acara.

Ia menjelaskan, sejak Januari 2016, negara-negara ASEAN resmi memberlakukan pasar bebas. Artinya, lanjut Yusuf, sudah tidak ada lagi halangan keluar masuknya barang dari negara lain untuk bersaing dengan produk dalam negeri.

“Maka untuk mendukung program sebagai kota yang layak investasi, acara Tangerang Expo ini bisa menjadi wadah promosi dan pemasaran untuk produk-produk yang dihasilkan para produsen kita,” kata Yusuf.

“Tangerang Expo ini juga bisa menjadi sarana penyebarluasan informasi tentang berbagai program dan kegiatan Pemkot Tangerang khususnya tentang pelayanan kepada masyarakatnya,” imbuhnya.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat menarik minat serta peran masyarakat membantu pemkot dalam mengembangkan potensi UMKM di Kota Tangerang.

“Ini juga salah satu upaya meningkatkan kecintaan masyarakat kepada produk-produk dalam negeri,” tandasnya.

Diketahui, Tangerang Expo tahun 2018 ini merupakan kali ke 6 yang diselenggarakan Pemkot Tangerang dalam menyambut HUT Kota Tangerang. Kegiatan kali ini dimulai tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2018 dengan 148 stand UMKM yang tersedia. (Helmi)

Tinggalkan Balasan