Berita  

Jelang Ramadhan, Bulog Jember Pastikan Stok Beras Aman Hingga Lebaran

Bulog Jember
Stok beras di salah satu gudang Bulog Jember. (Foto - Antara/ HO-Bulog Jember)

Jawa Timur, Semartara.News – Stok beras di lima Gudang Perum Bulog Subdivre Jember, Jawa Timur, mencapai 28.200 ton. Sehingga, menurut Kepala Perum Bulog setempat, Budi Sutika, kebutuhan masyarakat setempat selama Ramadhan hingga Lebaran 2021 dijamin aman.

“Hingga kini stok beras di Bulog Jember mencapai 28.200 ton dan merupakan buffer stock untuk di Jawa Timur dan nasional,” kata Budi Sutika dikutip dari LKBN Antara Jember, Jumat (2/4/2021).

Budi menjelaskan, bahwa stok beras tersebut kemungkinan masih bisa bertambah, karena pihaknya masih melakukan pembelian beras dan gabah kepada petani. Apalagi, terang dia, saat ini Kabupaten Jember memasuki panen raya.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena ketersediaan maupun pasokan beras di pasaran tetap aman. Bahkan, stok yang ada saat ini jumlahnya masih mencukupi kebutuhan masyarakat Jember hingga Lebaran,” tuturnya.

Untuk menjaga stabilisasi harga beras, lanjut dia, Perum Bulog Jember juga melakukan program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) sejak Januari 2021. “Program KPSH 2021 di Bulog Jember sudah mencapai 3.200 ton. Petugas menjual dengan harga Rp8.300 per kilogram dan lebih murah dibandingkan harga di pasaran,” tuturnya.

Dengan stok beras sebanyak 28.200 ton dan program KPSH tersebut, pihak Bulog Jember juga berharap bisa mengendalikan harga beras tetap stabil selama Ramadhan hingga Lebaran 2021. “Tugas Bulog ke depan fokus pada stabilitas harga pangan menjelang bulan Ramadhan, khususnya harga beras. Kami terus melakukan serapan beras dan gabah petani untuk menjamin stok cadangan beras pemerintah aman,” ujarnya.

Untuk diketahui saja, Kabupaten Jember merupakan salah satu lumbung pangan di Jawa Timur. dan Bupati Jember memastikan, bahwa, di Kabupaten tersebut surplus beras sampai 200 ribu ton.

Tinggalkan Balasan