Berita  

Komisi VI DPR Minta Perumnas Memikirkan Masyarakat Tak Berpenghasilan Punya Rumah

Komisi VI DPR
Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana, saat rapat kunjungan kerja spesifik ke mitra komisi di daerah yang dilaksanakan di Hotel Luxton ke Cirebon, Jawa Barat, Jumat (27/11/2020). (Foto - Istimewa)

Cirebon, Semartara.News – Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana, menanyakan sejumlah proyek Perumnas yang bersentuhan dengan masyarakat langsung. Seperti, 153 proyek Perumnas, yang ditujukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pertanyaan itu disampaikan, saat Komisi VI DPR RI, mengadakan kunjungan kerja spesifik ke Pertamina Unit VI Balongan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (27/11/2020).

Sebelum mencecar, Ananta Wahana memulai dengan pepatah Jawa Sadumuk Bathuk, Sanyari Bhumi, yakni, tentang pentingnya nilai kehidupan dan perjuangan hidup. Ia menyinggung, bahwa tempat tinggal merupakan bagian dari kebutahan pokok sandang-pangan-papan. Sehingga ketika hal itu tidak dipenuhi, maka seorang manusia tidak dimanusiakan.

Oleh sebab itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan ini menekankan, bahwa seharusnya kriteria penerima bukan lagi mereka yang berpenghasilan rendah. Namun, dengan adanya Pandemi COVID-19 ini, kriteria itu bergeser kepada mereka yang tidak berpenghasilan. Sebab, kata Ananta Wahana, pandemi itu memicu lonjakan masyarakat yang tidak berpenghasilan.

“Perum Perumnas yang bentuknya adalah PERUM, harus memperbanyak fungsi pelayanan publiknya. Serta memikirkan, bagaimana masyarakat yang jatuh dalam kondisi tanpa penghasilan itu, tetap bisa punya rumah,” tutur Ananta.

Tinggalkan Balasan