Berita  

Pentas Wayang Lakon Jarasandha Digelar Daring di London

Pertunjukan yang berlangsung selama tiga jam mulai pukul lima sore waktu Inggris dilakukan secara virtual, “live,” di Instagram Live dan YouTube KBRI London, ujar dalang Ki Sujarwo Joko Prehatin

Jakarta, Semartara.News – Pentas wayang klasik dalam Lakon Jarasandha petikan Mahabarata, dengan dalang Ki Sujarwo Joko Prehatin, diiring the Greater London Gamelan Players. Digelar di Wilton’s Music Hall London, Jumat malam (20/11/2020).

Pertunjukan yang berlangsung selama tiga jam mulai pukul lima sore waktu Inggris dilakukan secara virtual (daring), ujar dalang Ki Sujarwo Joko Prehatin kepada ANTARA usai acara.

Dilansir dari Antaranews.com, Pertunjukan wayang ini berbahasa Inggris dan berlangsung selama tiga jam. Dimulai pukul lima sore waktu Inggris. Dilakukan secara virtual (daring).

“Meskipun pertunjukan dilakukan di Instagram Live dan YouTube KBRI London, namun kami semua harus tetap ikut protokol kesehatan,”ujar Ki Sujarwo.

Ki Sujarwo juga menyampaikan, mayoritas pemain Gamelan adalah warga Inggris dari berbagai grup gamelan yang ada di Inggris, yakni Oxford dan Cambridge. Serta sinden yang sudah tidak asing lagi dikalangan pemain gamelan Inggris yaitu Cathy Eastburn, Cecily, dan Aga Ujma.

Peter Smith salah satu pemain gamelan dari Oxford, mengaku gembira bisa bermain gamelan lagi karena selama lockdown tidak ada kegiatan.

“Untung saya tinggal di desa bisa ngurus pitik,” ujar Peter dengan bahasa Jawa yang medok.

“Pokoknya siapa saja pemain gamelan yang lagi longgar, bergabung dalam pementasan kali ini,” ujar Ki Sujarwo Joko Prehatin yang menyatakan bahwa persiapan acara itu hanya membutuhkan waktu satu hari.

Atase Pendidikan KBRI London, M. Arif Rokhman menyaksikan langsung pagelaran wayang bersama sedikit orang. Ia mengatakan pementasan yang sangat bagus dan menyenangkan. Karena di masa sulit ini para pemain tetap memperhatikan protocol kesehatan.

Selain itu, Counsellor KBRI London, Hartyo Harkomoyo mengatakan, pertunjukan budaya secara digital itu dihelat berkat kerjasama KBRI London dengan seniman di Inggris. Yang tergabung dalam the Greater London Gamelan Players.

Tinggalkan Balasan