Berita  

Waspada! Gunung Merapi di Magelang Kembali Erupsi

SEMARTARA – Gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kembali erupsi, Selasa 3 Maret 2020. Informasi yang berhasil dihimpun, mulai menyemburkan material panas sekitar pukul 05:22 WIB. Erupsi terjadi beberapa kali. Dan, radius aman dari puncak sekitar 3 kilometer.

Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik. Teramati tinggi kolom erupsi sekitar 6.000 meter dari puncak dan awan panas guguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan, Yulianto, mengungkapkan bahwa sejauh ini belum berdampak di wilayah Kabupaten Magelang.

Dikatakannya pula bahwa arah angin saat erupsi mengarah ke utara dan timur laut.

Menurutnya, berdasarkan laporan yang masuk dampak erupsi berupa hujan abu terjadi di wilayah Cepogo, Kabupaten Boyolali.

Masih kata Yulianto, untuk saat ini aktivitas warga di sekitar Pos Babadan, yakni di wilayah Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang berjalan normal. Karena menurutnya dampak letusan tidak sampai ke daerah ini.

“Pagi ini aktivitas warga di lereng Merapi sisi barat berjalan seperti biasa, mereka tetap pergi ke ladang,” katanya.

Ia menyampaikan sejak terjadi erupsi pada 2010 masyarakat sekitar Merapi sudah terbiasa dengan erupsi kecil seperti ini. Memang ada beberapa warga yang sempat menanyakan ke pos pengamatan tentang kondisi Merapi.

Tinggalkan Balasan