4 Cara Mengetahui Harga Tanah Bagi Pemula

Jakarta, Semartara.News – Bank Indonesia (BI) telah resmi menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 50 basis poin, sehingga menjadi 4,75 persen.
Jakarta, Semartara.News – Bank Indonesia (BI) telah resmi menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 50 basis poin, sehingga menjadi 4,75 persen.

Terakhir, cara mengetahui harga tanah di suatu daerah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat NJOP atau Nilai Jual Objek Pajak dari tanah tersebut.

NJOP pada dasarnya merupakan sebuah surat, yang dikeluarkan oleh pemerintah kepada pemilik properti sebagai tanda bukti pembayaran pajak tahunan.

Di dalam surat tersebut, terdapat informasi terkait Perbandingan Harga Objek, Nilai Perolehan Baru dan Nilai Jual Objek Pajak Pengganti yang bisa kita jadikan dasar dalam menghitung harga tanah.

Agar tidak keliru dalam menghitung harga jual tanah berdasarkan NJOP, simak ulasannya berikut ini.

Cara Menghitung Harga Tanah berdasarkan NJOP

Dalam menghitung harga tanah berdasarkan NJOP, kita harus mengetahui terlebih dahulu berapa luas tanah dan nilai jual objek pajak yang tertera pada surat tersebut.

Oleh sebab itu, mari kita asumsikan jika luas tanah adalah 300 m2 dengan nilai pajak sebesar Rp1 juta per m2.

Berdasarkan informasi ini, kita bisa menghitung total harga lahan menjadi:

300 x 1.000.000 = Rp300.000.000

Kamu bisa saja menetapkan harga jual tanah tersebut sesuai perhitungan NJOP-nya, namun beberapa masyarakat menganggap jika harga tersebut merupakan harga terendah dari suatu wilayah.

Sehingga, biasanya orang-orang mengalikan dua kali lipat harga tersebut sebagai harga jual yang tepat. Bila ingin melakukan cara yang sama, maka total harga lahan milikmu menjadi Rp600 juta.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan cara mengetahui harga tanah di suatu daerah? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua, ya.

Bagi yang sedang mencari properti, baik untuk investasi maupun hunian, langsung saja cek pilihannya di Rumah123.

Contoh menariknya ada Summarecon Mutiara Makassar dan Opus Bay serta masih banyak lagi.(Sayuti)

 

Tinggalkan Balasan