4 Cara Mengetahui Harga Tanah Bagi Pemula

Jakarta, Semartara.News – Bank Indonesia (BI) telah resmi menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 50 basis poin, sehingga menjadi 4,75 persen.
Jakarta, Semartara.News – Bank Indonesia (BI) telah resmi menaikkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRRR) sebesar 50 basis poin, sehingga menjadi 4,75 persen.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau biasa disebut kantor pertanahan adalah lembaga berwenang yang mengurus persoalan pencatatan, pendaftaran serta pendataan lahan bagi masyarakat.

Itu sebabnya, kamu bisa mendatangi kantor pertanahan setempat (sesuai lokasi tanah berada) untuk menanyakan harga pasaran tanah di kawasan tersebut.

Cara mengetahui harga tanah di suatu daerah yang satu ini tidak hanya simpel namun tepat sasaran, sebab kantor pertanahan tentu memberikan informasi harga terbaru kepada masyarakat.

Bertanya kepada Notaris Tanah

Pelibatan notaris dalam proses jual-beli properti sudah tidak bisa dihindari. Selain bertugas sebagai perantara ataupun saksi, notaris juga bisa kita manfaatkan untuk berkonsultasi terkait harga tanah.

Umumnya, notaris-notaris tersebut sedikit banyak mengetahui harga tanah di daerahnya. Tanyakan berapa harga jual yang pantas atas lahan yang kamu miliki sesuai lokasi, fasilitas dan luasnya.

Tidak cuma notaris, jika bertindak sebagai penjual independen, bantuan semacam ini bisa kita dapat bila bekerjasama dengan agen properti profesional.

Biasanya, agen properti akan memberi masukkan terhadap harga jual tanah.

Dengan pengetahuan yang ia miliki, kita akan mendapatkan harga jual yang pantas dan tak jauh dari harga pasaran.

Melihat NJOP Tanah

Tinggalkan Balasan