Berita  

Warning! Destinasi Wisata Jangan Jadi Klaster Baru

Wiku Adisasmito
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito.

Jakarta, Semartara.News – Pemerintah imbau daerah yang menjadi destinasi wisata di Indonesia untuk siap siaga.

Melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, ingatkan daerah-daerah destinasi wisata antisipasi munculnya klaster libur panjang.

“Kami mengingatkan besok (28 Oktober 2020) sampai akhir minggu ini adalah libur panjang. Untuk daerah-daerah destinasi wisata, kami mohon kesiapsiagaannya untuk mengantisipasi timbulnya klaster libur panjang,” kata Wiku.

Menurutnya, daerah wisata menjadi tujuan masyarakat untuk berlibur, namun hal itu berdampak pada penambahan kasus, bisa memicu kerumunan juga ketidakpatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Tak hanya itu, Wiku juga meminta masyarakat untuk tidak mengunjungi daerah destinasti wisata yang ramai dikunjungi saat liburan.

Pemerintah daerah juga diminta bekerja sama dengan pengelola tempat wisata dan membatasi kapasitas kunjungan di lokasi wisata maksimal 50%.

“Tingkatkan kapasitas dan fasilitas testing bagi masyarakat yang melakukan perjalanan,” ujar Wiku.

Wiku juga menegaskan, lebih aman masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan di rumah saja, tidak perlu keluar rumah jika tidak penting.

Jika ada kepentingan mendesak, lanjut Wiku, dianjurkan melakukan screening (pemeriksaan) Covid-19 sebelum berangkat dan sepulang bepergian.

“Tetaplah berkumpul bersama keluarga dirumah, serta lakukan kegiatan di lingkungan masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan),” Wiku berpesan.

(Jumiarti)

Tinggalkan Balasan