Berita  

Tips Liburan Praktis Pakai “City Car”

Suzuki New Ignis 2020

Yang Harus Diperhatikan Liburan Menggunakan City Car

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna city car sebelum jalan-jalan adalah, pertama pastikan Anda tahu kondisi mobil dan telah servis kendaraan sebelum berpergian.

“Penting untuk servis sebelum jalan-jalan, biar kondisi mobil prima menghindari kerusakan di jalan. Kerusakan sepele jika terjadi di daerah yang sepi akan jadi masalah besar. Misalnya lampu mati atau ban bermasalah,” kata Yudistiro, mekanik dari Bengkel Pusat Variasi dan Onderdil Cibubur, Jawa Barat, Selasa (22/12).

Kedua, pastikan rute yang Anda lewati bukanlah jalur ekstrem. Hindari jalur alternatif yang tidak Anda diketahui kondisi medannya untuk menghindari tanjakan curam dan jalanan berbatu.

City car memiliki kisaran jarak ke tanah (ground clereance) 150mm-165mm. Sedangkan Ignis memiliki jarak paling tinggi mobil di kelasnya yakni 180mm, sehingga bisa menjadi pertimbangan Anda jika harus melewati jalur yang tidak mulus menggunakan city car.

Ketiga, jika Anda terlanjur melintasi tanjakan curam, gunakanlah gigi rendah pada transmisi manual atau L pada automatic untuk memberikan tenaga optimal pada city car yang menggunakan penggerak roda depan. Saat jalanan menurun yang cukup panjang, Anda bisa memaksimalkan engine break atau L pada transmisi automatic untuk mengurangi beban rem dan mencegah peranti tersebut overheat.

Pada Ignis transmisi AGS, Anda bisa menggeser tuas persneling ke mode manual untuk mendapatkan engine break.

Keempat, gunakanlah mobil dengan kecepatan sewajarnya dan nikmati perjalan dengan beristirahat setidaknya 3 jam sekali untuk menghindari celaka karena kelelahan.

Terakhir, jika Anda membawa keluarga, sisakan ruang setidaknya 20 persen dari kapasitas mobil untuk membawa oleh-oleh, dan sebaiknya Anda membawa barang yang praktis untuk ditempatkan di bagasi.

Tinggalkan Balasan