Tips Beli Properti Dari Orang Bank

Tips Beli Properti

Jakarta, semartara.News – Kita bisa belajar tips beli properti yang dipaparkan salah satu direksi Bank Mandiri yang menyebut tahun ini sangat sayang bila berbagai kemudahan tidak dimanfaatkan oleh milenial.

Tips beli properti ini cukup penting, mengingat sektor properti diprediksi akan terus membaik pada tahun ini seiring insentif dan stimulus pemerintah yang akan mendorong sektor padat modal ini terus berkembang. Penanganan pandemi Covid-19 yang makin baik juga membuat situasi pasar lebih confident dan ini berbeda saat awal pandemi pada tahun 2020 lalu.

Kalangan pengembang dan perbankan juga terus mengeluarkan berbagai promo dan kemudahan untuk memudahkan masyarakat membeli produk properti. Saat ini juga baik developer dan perbankan sama-sama menyasar segmen milenial yang pasarnya sangat besar sebagai pasar utama yang akan membeli produk properti.

Menurut Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Igantius Susatyo, ada banyak kemudahan yang ditawarkan sehingga tahun 2022 ini khususnya para milenial yang tengah mencari properti pertama (first time buyer) harus segera mewujudkan membeli produk properti.

“Saya orang bank, saya masih sangat ingat saat pertama kali membeli properti dan itu memang harus diupayakan karena ini kebutuhan yang sangat penting. Kalau boleh berbagi tip, saat ini ada banyak kemudahan yang sangat sayang kalau dilewatkan, jadi tahun 2022 ini harus segera beli mumpung lagi ada banyak kemudahan,” ujarnya

Berbagai kemudahan untuk membeli rumah pada situasi saat ini juga sangat menguntungkan untuk kalangan pekerja muda. Support pemerintah yang juga luar biasa seperti insentif PPN, aturan loan to value (LTV) 100 persen sehingga membeli rumah dimungkinkan dengan depe 0 persen. Ini membuat membeli rumah tidak perlu menyediakan dana awal yang besar dan ini cocok untuk milenial yang cenderung tidak memiliki tabungan.

Hal ini juga direspon oleh Bank Mandiri yang memberikan banyak kemudahan dalam proses aplikasi pengajuan kredit. Lazimnya, ada begitu banyak berkas dan persyaratan yang harus dilampirkan bila kita mengajukan aplikasi KPR. Bank Mandiri memberikan short form dengan syarat hanya copy KTP dan bukti penghasilan. Dari KTP ini akan keluar persetujuan cepat sehingga konsumen tidak perlu menyiapkan berkas yang banyak di awal sehingga akan memudahkan.

Kemudahan lain yang diberikan Bank Mandiri yaitu suku bunga kompetitif dan pembebasan biaya-biaya. Suku bunganya mulai 3,63 persen fixed 3 tahun, 4,84 persen fixed 5 tahun, atau 8,5 persen fixed 10 tahun. Bila ditambah dengan promo dari developer maka kemudahan yang didapat lebih banyak lagi.

“Beli properti juga tidak ada istilah rugi karena harganya akan terus naik. Paling jelek properti itu stagnan dan itu pasti hanya sementara karena nantinya akan naik juga. Saya punya ruko yang dibeli 10 tahun lalu, sekarang harganya sudah dua kali lipat dari waktu dibeli dan sewanya juga bagus karena sampai hari ini selalu ada penyewa,” bebernya.

Tinggalkan Balasan