Sukses PPKM Darurat, Puan: Ketegasan Pemerintah dan Disiplin Adalah Kunci!

Sukses PPKM Darurat
Ketua DPR RI, puan Maharani saat melakukan pengawasan pemberian bantuan sosial tunai bagi warga terdampak pandemi Covid-19 di Desa Jayanti Kab. Tangerang (Foto - Istimewa)

Jakarta, Semartara.News – Sukses PPKM Darurat harus berjalan lurus dengan memperluas bantuan bagi masyarakat yang paling terdampak dan membutuhkan. Selain itu, yang terpenting adalah ketegasan pemerintah dan kedisiplinan warga.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan lembaga eksekutif atau pemerintah untuk serius dalam memperhatikan kondisi ekonomi warga disaat pandemi ini.

Menurutnya, sukses PPKM Darurat ditentukan oleh partisipasi masyarakat lintas lapisan. Hal ini bertujuan agar warga semakin tenang dalam melakukan partisipasi menyukseskan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Ketegasan pemerintah serta peran dan partisipasi masyarakat sangat menentukan kesuksesan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Karena itu, pemerintah harus memberi bantuan agar masyarakat semakin tenang, dan semakin yakin bahwa kebijakan ini harus disukseskan demi pemulihan dari pandemi COVID-19,” kata Puan, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Dia berharap bantuan dari pemerintah bukan hanya bantuan sosial dan penundaan kenaikan tarif dasar listrik, namun harus menyiapkan bantuan lain dengan cakupan luas, khususnya pada masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang dimulai 3-20 Juli 2021.

“Harus diperhatikan betul dampak dan solusi untuk warga yang terdampak kebijakan tersebut, harus ada bantuan yang tepat manfaat dan tepat sasaran. Memberikan vitamin dan suplemen untuk masyarakat juga perlu dilakukan supaya imunnya terjaga,” ujar politisi perempuan Puan Maharani.

Puan Maharani yang pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu, berharap vaksinasi pada masa PPKM Darurat dapat berjalan dengan cepat dan tepat, dengan pengaturan pencegahan kerumunan dan disiplin protokol kesehatan.

Terkait sukses PPKM Darurat, Puan menegaskan, bahwa DPR RI mendukung dan mengawasi kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Menurut dia, bencana non alam pandemi Covid-19 adalah persoalan kemanusiaan yang harus dihadapi dengan komitmen dan kedisiplinan secara bersama-sama.

“Keselamatan masyarakat adalah hal utama, DPR RI mendukung penuh langkah pemerintah mengatasi pandemi ini. Semua kebijakan harus terukur dan tegas, yakinlah kita pasti bisa melalui situasi darurat ini,” kata Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan ini.

Tinggalkan Balasan