Berita  

SRCIS Selenggarakan Pesta Ritel Nasional (PRN) 2023

SRCIS Selenggarakan Pesta Ritel Nasional (PRN) 2023
SRCIS Selenggarakan Pesta Ritel Nasional (PRN) 2023. (Istimewa)

Jakarta, Semartara.News PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menyelenggarakan Pesta Ritel Nasional (PRN) 2023 di ICE BSD Tangerang, sebagai wujud dukungan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama toko kelontong di Indonesia. 

Direktur SRCIS, Rima Tanago, menyatakan bahwa PRN 2023 menjadi kesempatan bagi pemilik toko kelontong SRC dan mitra SRC untuk berkumpul dan mempererat semangat kerjasama.

Menurut Rima, pada akhir 2022, lebih dari 225 ribu toko kelontong di seluruh provinsi di Indonesia telah bergabung dengan SRC, yang merupakan komunitas pedagang terbesar di Indonesia. 

Partisipasi dan kontribusi SRC dalam meningkatkan kualitas UMKM toko kelontong juga diwujudkan melalui program-program pembinaan yang selaras dengan program pemerintah, sehingga hasil dan kontribusinya akan lebih optimal.

Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Saleh, mengapresiasi komitmen dan peran aktif SRC dalam membantu pembinaan toko kelontong untuk mendukung digitalisasi dan literasi finansial pelaku UMKM.

Menurut Chairul, UMKM dapat menjangkau hingga ke akar rumput dan membuat pemerataan ekonomi terwujud. Ini menjadi hal penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, karena 98 persen dari 69 juta UMKM berada di tingkat mikro.

Sementara itu, Director of Grab for Business Grab Indonesia, Roy Nugroho, menjelaskan bahwa kolaborasi Grab Indonesia dengan SRCIS dalam mendorong manfaat digitalisasi merupakan usaha untuk membantu pencapaian target pemerintah dalam mengdigitalisasi 30 juta UMKM pada 2024. 

Melalui penggunaan layanan digital dari ekosistem Grab dan OVO, diharapkan mitra toko kelontong dari SRCIS dapat memperluas jangkauan konsumen dan mengembangkan usahanya.

Pengguna aplikasi AYO SRC dapat mengakses berbagai penawaran produk digital dari Grab dan OVO, seperti token PLN, pulsa dan paket data telekomunikasi, PDAM, dan top-up saldo OVO. 

Sedangkan, Executive Vice President PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Kicky Andrie Davetra mengatakan BRI turut berkolaborasi sebagai salah satu mitra SRICS dalam menyediakan berbagai layanan perbankan bagi toko kelontong.

Salah satu layanan Digital Payment BRI yang dapat dimanfaatkan oleh toko kelontong, diantaranya, fitur pembayaran BRIVA yang dapat mempermudah proses pembayaran dari toko kelontong kepada Mitra SRC pada platform AYO TOKO.

Dalam kesempatan sama, VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan kolaborasi ntara AQUA dan SRCIS bertujuan mengembangkan toko kelontong dan meningkatkan keterjangkauan produk, serta memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhan air mineral.

“Hingga akhir tahun 2023, layanan pesan antar ini ditargetkan akan menjangkau hingga 6.000 toko kelontong SRC di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Bali,” kata Vera. (Sayuti)

Tinggalkan Balasan