Serap Aspirasi Jelang Pilkada Serentak, Ananta Wahana Sambangi Warga Pecinan Kota Tangerang

SEMARTARA, Kota Tangerang (5/12) – Sudah dua bulan menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, Ananta Wahana gencar melakukan kunjungan, dan terjun ke masyarakat. Kali ini, Selasa (5/12), Ananta yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Banten ini menyambangi warga di daerah Pecinan, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang.

Sesuai dengan amanat Ketua Umum PDI Perjuangan, yang juga sebagai Presiden ke-5 RI, Hj. Megawati Soekarno Putri, Ananta mengaku pihaknya harus melakukan roadshow berkeliling ke 4 kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Banten yang akan menyelenggarakan Pemilukada serentak pada 2018 mendatang, yaitu guna menyerap aspirasi dari masyarakat.

Selain itu, kata Ananta, PDI Perjuangan sebagai partai pemenang Pemilu, sekaligus partai di pemerintahan, harus bisa mengimplementasikan keinginan masyarakat, baik dari tingkat paling bawah maupun masyarakat secara luas. Hal ini juga yang mendorongnya untuk berkunjung di kawasan Pecinan, di wilayah Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang; yaitu untuk mendengarkan apa yang menjadi keinginan masyarakat, dan apa saja yang harus diperjuangkan oleh partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

“Karena keputusan PDI Perjuangan tidak boleh bertentangan dengan keinginan dan suasana hati rakyat pemilihnya. Ideologi Pancasila 1 Juni 1945 harus dibumikan dalam penyelesaian dan kehidupan masyarakat sehari-hari,” ujar Ananta Wahana.

Ia juga mengakui, daerah Pecinan di wilayah Kecamatan Karawaci ini, rata-rata merupakan pemilih PDI Perjuangan. Untuk itu, menjalin komunikasi, dan selalu mendengarkan aspirasi masyarakat di kawasan tersebut menjadi hal yang penting agar kehidupan serta problematika yang dihadapi oleh masyarakat bisa diatasi melalui mekanisme partai, untuk dikomunikasikan kepada para pemangku kebijakan.

“Semoga hubungan keakraban dirinya dengan masyarakat di sini akan dapat terus dibina, baik dalam komunikasi formal maupun dalam komunikasi non formal. Komunikasi yang akan kita bangun tidak hanya seperti pola langsung seperti ini, tetapi juga akan saya teruskan melalui jalinan media sosial maupun pesan singkat, agar tidak terbatas dan tetap bisa dibangun komunikasi secara intens,” paparnya.

Ananta menambahkan, terkait usulan-usulan masyarakat yang disampaiakan kepadanya, akan ditampung dan dipilah-pilah sesuai kewenangannya; apakah menjadi kewenangan pemerintah tota, provinsi atau pun pusat. “Sehingga nantinya dapat diperjuangankan melalui petugas partai di setiap jenjangnya,” tandasnya.

Sementara, Rodi, Ketua RW 06 kawasan Pecinan, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, mengatakan, dalam kunjungan ini dirinya mengadukan soal birokrasi terkait pembuatan KTP, akte Perkawinan, kepemilikan status tanah (sertifikasi), serta banjir. Ia juga mengakui, problematika yang dihadapi oleh masyarakat di wilayahnya ini, berakibat banyak warganya tidak memiliki akte perkawinan.

“Saya berharap PDI Perjuangan dapat mendorong program kawin massal untuk mempermudah masyarakat di sini untuk mendapatkan akte pernikahan,” pungkasnya.

Di sisi lain Sugianto, selaku anggota DPRD Kota Tangera Dapil I, mengatakan, dirinya akan mencatat segala persoalan masyarakat yang menjadi usulannya kepada pemerintah. Terutama terkait pemangkas birokrasi yang sangat memberatkan masyarakat. (Sasyuti)

Baca juga:

  1. Kepengurusan Kadin Kabupaten Tangerang Resmi Dilantik
  2. Begini Tanggapan Kemenag Kabupaten Tangerang Soal Kritikan Perda Diniyah dari Dewan Pendidikan
  3. Menyikapi Persoalan Banjir di Perumahan Alam Indah, Ananta Wahana Ajak Warga untuk Berdiskusi

Tinggalkan Balasan