Berita  

Reses, Ananta Wahana Hadiri EcoBike Citra Raya dan Sosialisasi Soal Virus Corona

SEMARTARA – Wabah Virus Corona atau COVID-19 menjadi perhatian khusus Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Banten III, Ananta Wahana. Melalui kegiata reses, politisi PDI Perjuangan ini, gencar melakukan sosialiasi terkait virus asal Wuhan Tiongkok tersebut.

Seperti yang dilakukan pada Minggu 15 Maret 2020 pagi. Reses Ananta menghadiri kegiatan EcoBike dan soaialiasasi tentang Virus Corona yang digelar oleh managemen Citra Raya Tangerang. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Jalan Boulevard Eco Polis, Citra Raya ini, Ananta bertemu dengan Genaral Manager Operasional PT Ciputra Residence Hari Sukriyadi, Eastate Manager PT Ciputra Residence Fransiscus Yohanes, serta dokter Giovani Danang dari Ciputra Hospital.

Secara seremonial, bersama dengan Genaral Manager Operasional PT Ciputra Residence Hari Sukriyadi, Ananta Wahana melepas ribuan peserta EcoBike.

Hari Sukriyadi, menjelaskan bahwa EcoBike merupakan kegiatan rutin dan salah satu implementasi program EcoCulture. Dalam EcoBike kali ini, dirangkai dengan sosialisasi tentang Virus Corona atau COVID-19 oleh dokter Giovani dari Ciputra Hospital.

“Karena juga kebetulan sedang marak soal pemberitaan tentang Virus Corona, sekalian disosialisasikan tentang apa itu corona, dan sengaja kita mengundang dokter dari Ciputra Hospital. Supaya bisa memberikan penjelasan yang clear, apa itu corona, dampaknya dan sterusnya itu,” ujar Hari Sukriadi.

Dokter Giovani Danang dari Ciputra Hospita mengungkapkan meskipun hingga saat ini belum ditemukan obatnya, virus ini bisa dicegah dan disembuhkan. Misalnya, dengan melakukan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, menjaga kebersihan, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, serta tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang terpapar virus tersebut.

“Secara umum (Virus Corona-red) itu tidak berbahaya, justru yang paling berbahaya itu pemberitaan-pemberitaan di luar. Karena sebenarnya cukup aman kalau kita menjaga kesehatan, jaga kebersihan. Pokoknya kalau badan vit itu aman,” katanya.

Dokter Giovani juga menjelaskan, gejala penyakit yang ditimbulkan akibat terpapar virus ini biasanya batuk, pilek, flue dan radang tenggorokan seperti biasa. Tetapi yang menjadi ciri khas Virus Corona ini biasanya nafasnya sesak. Menurut dokter Giovani, hal ini harus diwaspadai, dan segera diperiksakan ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

“Untuk menghindari Virus Corona ini, salah satunya juga, untuk sementa tunda dulu perjalanan ke luar negeri,” tandasnya.

Sementara itu, sebagai Anggota DPR RI dari Dapil Banten III yang mencakup wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel, Ananta mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pihak managemen Citra Raya melalui kegiatan EcoBike tersebut. Karena, persoalan Virus Corona ini, kata Ananta, harus menjadi perhatian khusus, jangan sampai ada profokasi-profokasi yang hanya menimbulkan kepanikan tetapi tidak memberikan solusi.

Ananta juga mengatakan, langkah managemen Citra Raya dalam memberikan soaialisasi terkait Virus Corona, yaitu melalui ajang olahraga, serta menikmati sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan.

Ananta juga mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat, berolahraga dengan teratur, minum air putih sesuai kebutuhan tubuh, menjaga kebersihan serta rajin mengonsumsi buah dan rempah-rempah. Menurut Ananta, rempah-rempah merupakan tanaman obat tradisional, yang sangat baik untuk menjaga vitalitas dan kesehatan. Dari situlah, kata Ananta, dengan kondisi tubuh yang vit dan sehat, segala penyakit akan mudah dihindari.

“Membiasakan mengonsumai rempah-rempah, seperti yang diajarkan nenek moyang. Jadi kita ini sebagai warga Indonesia secara alamiah sudah diberikan itu. Memang dianugerahi oleh Tuhan, fasilitas rempah-rempah yang berlimpah. Itu sebagai ketahanan untuk itu, kita enggak usah takut!” Tegas Ananta.

Menurut Ananta, orang yang terpapar Virus Corona rata-rata orang yang baru pulang dari luar negeri, lalu berinteraksi dan secara tidak disadari telah menularkan virus tersebut.

“Secara alamiah, orang di luar negeri mereka mengonsumsi keju, yang mengandung kimia, jadi sehari-hari rentan, tidak seperti kita. Sejak dulu nenek moyang itu banyak mengonsumsi rempah-rempah. Makanya, kalau kita menjaga kesehatan dan kebersihan serta rajin mengonsumsi rempah-rempah seperti temu lawak, jahe merah, kita akan terhindar dari itu,” paparnya.

Ananta juga mengimbau masyarakat untuk tidak terlalu khawatir yang berlebihan dalam mengatasi Virus Corona.

“Enggak usah khawatir, terus mborong bahan baku, terus masker. Karena cemas dan panik itu tidak akan menyelesaikan masalah. Karena, yang paling penting ya itu tadi, menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan, serta mencuci tangan dengan benar,” tandasnya.

Terkait Virus Corona ini pula, Ananta meminta pemerintah untuk hadir dan menstabilkan semuanya.

“Yang menjadi taggung jawab pemerintah itu, harus turun, dan memberi tahu dengan baik. Jangan sampai masker raib, bahan pokok juga ikut naik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan