Radang Amandel Pada Anak

penyakit ini bisa mengganggu perkembangan anak termasuk perkembangan otaknya.
penyakit ini bisa mengganggu perkembangan anak termasuk perkembangan otaknya.
penyakit ini bisa mengganggu perkembangan anak termasuk perkembangan otaknya.
penyakit ini bisa mengganggu perkembangan anak termasuk perkembangan otaknya.

TANGERANGAmandel bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak-anak. Namun sayangnya banyak orang tua menganggap sepele penyakit ini, padahal jika dibiarkan penyakit ini bisa mengganggu perkembangan anak termasuk perkembangan otaknya.

Umumnya, amandel disebabkan oleh bakteri Streptococcus yang sering ditemukan di bagian mulut dan usus manusia. Selain bakteri, virus juga bisa menyebabkan radang amandel. Beberapa jenis virus yang bisa menyebabkan radang amandel antara lain adenovirus, virus influenza, virus Epstein-Barr, virus parainfluenza, enterovirus dan herpes simplex virus.

Kenapa radang amandel sering terjadi pada anak karena saat masih kecil,   tubuh sangat bergantung pada amandel atau dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan sebagai pencegah infeksi.

Seiring dengan semakin kebal sistem kekebalan tubuh maka fungsi amandel dalam tubuh mulai tergantikan, kemudian keran tidak lagi berfungsi maka berangsur-angsur amandel ini akan menyusut.

 

 Radang amandel atau dalam istilah medisnya disebut tonsilofaringitis akut adalah suatu keadaan infeksi akut saluran napas atas yang mengenai daerah faring/ tenggorokan dan tonsil/ amandel. Tenggorokan dan amandel secara anatomis letaknya berdekatan sekali sehingga jarang sekali terjadi infeksi faring dan tonsil saja.

 

Penyakit amandel ini tidak boleh dianggap sepele karena jika terkena radang amandel maka anak kondisi sangat lemah akibat demam yang ditimbulkannya. Anak jadi lebih sering tidak masuk sekolah dan sulit konsentrasi sehingga mengganggu proses belajarnya.

 

Jika terkena penyakit amandel maka anak akan mendengkur saat tidur. Dengan keadaan ini maka membuat kualitas tidur menurun padahal, tidur merupakan bagian penting dari proses perkembangan otak.

 

Mengenai penyebabnya, radang amandel lebih sering disebabkan disebabkan oleh virus dan bakteri. Sehingga untuk jenis ini maka diperlukan perhatian khusus dan harus di periksakan ke dokter agar obat yang diberikan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan radang amandel tersebut dapat tepat

 

Untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan bakteri dengan cara memperbanyak istirahat juga ditambahkan dengan meminum antibiotik tepat. Untuk mencegah radang amandel ini orang tua harus melengkapi imunisasi agar daya tahan tubuh anak dapat meningkat ditambah lagi dengan memberikan asupan gizi  yang baik.

Penyakit ini juga dapat dicegah dengan menghindari lingkungan yang tidak sehat dan juga menghindari penggunaan obat tanpa indikasi yang tepat karena akan berpengaruh pada amandel anak.

Tinggalkan Balasan