Puluhan WNA Diamankan Petugas Imigrasi Bandara

SEMARTARA, Tangerang – Petugas Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), mengamankan puluhan Warga Negara Asing (WNA) setelah tiba di Bandara Soetta, Tangerang, pada Senin (6/8) malam.

Sebanyak 23 WNA tersebut, berasal dari berbagai negara diantaranya India, Pakistan, dan Nepal. WNA tersebut diamankan lantaran masalah keimigrasiannya. “Total ada 23 orang WNA yang kami amankan. Mereka berasal dari India, Pakistan, Nepal, dan lain-lain,” ungkap Enang Supriyadi Syamsi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soetta, saat ditemui di Bandara Soetta, Selasa (7/8).

Ia menjelaskan, puluhan WNA tersebut telah ditindak tegas oleh petugas imigrasi. Namun menurut dia, 23 orang tersebut sempat mencoba mengelabui petugas. Mereka menggunakan dokumen keimigrasian palsu untuk masuk melalui Bandara Soetta.

“Ada yang pakai paspor palsu. Mereka kami amankan, karena tujuannya tidak jelas datang ke Indonesia,” kata Enang.

Lanjut dia, puluhan WNA itu dilakukan pemeriksaan dan pendataan oleh petugas. Setelah diperiksa, maka kemudian diarahkan untuk kembali ke penerbangan awalnya.

“Kami tolak mereka masuk ke Indonesia. Mereka juga memanfaatkan kesibukan kami yang sedang fokus dalam persiapan Asian Games. Makanya kami tidak mau kecolongan dan dilakukan pencegahan dini terkait hal ini,” tandasnya. (T-online/Tim)

Tinggalkan Balasan