Berita  

Presiden Targetkan Normalisasi Kali Ciliwung Rampung Akhir 2024

Presiden Jokowi Terbitkan Instruksi Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah
Presiden Jokowi Terbitkan Instruksi Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah

Jakarta, Semartara.News – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek normalisasi Kali Ciliwung di Jalan Inspeksi Ciliwung, Jakarta Selatan, pada hari Selasa, 21 Februari 2023. 

Dalam keterangan persnya, Presiden menyampaikan bahwa normalisasi Kali Ciliwung yang sempat terhenti akan segera dilanjutkan. 

Beberapa titik pembebasan lahan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah selesai dan pembangunannya akan segera dimulai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

“Saya berikan target tadi, dalam dua tahun artinya akhir 2024, yang 17 kilometer itu insya Allah selesai sehingga normalisasi sungai Ciliwung betul-betul rampung,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari Setkab.

Presiden menjelaskan bahwa saat ini pengerjaan normalisasi Kali Ciliwung hanya menyisakan 17 kilometer lagi.

Presiden Jokowi menargetkan normalisasi Kali Ciliwung dapat selesai sepenuhnya pada akhir tahun 2024. Beliau berharap normalisasi ini, serta adanya Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di hulu, dapat mengurangi risiko banjir yang terjadi di Jakarta. 

“Ini akan mengurangi, sangat mengurangi, yang namanya banjir karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi,” ucapnya.

Presiden juga menegaskan bahwa selain Kali Ciliwung, masih ada 12 sungai di DKI Jakarta yang perlu dinormalisasi agar dapat mengurangi risiko banjir di Jakarta.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Tinggalkan Balasan