Berita  

Presiden Membuka PKN 2020, Seniman Harus Berkarya

Presiden Joko Widodo membuka secara daring Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020, Sabtu (31/10/2020). (ANTARA/HO-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Jakarta, Semartara.News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) , membuka secara virtual penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020.

Dilansir dari Antaranews.com, Presiden mengapresiasi para seniman dan budayawan yang tetap berkarya, meski di tengah pandemi Covid-19. Ini mebuktikan, bahwa seniman tidak tunduk pada pandemi Covid-19.

“Pekan Kebudayaan Nasional adalah bukti bahwa budayawan dan pelaku seni tidak tunduk pada pandemi,” kata Jokowi, Sabtu (31/10/2020).

Jokowi, mendorong masyarakat untuk berkreasi, optimis, dan bergerak maju meski di tengah kesulitan dan tantangan yang dihadapi. Ia berharap, masyarakat mampu membangun memori masa depan yang baik.

Ini merupakan ke 2 kalinya Jokowi turut serta pada PKN. Ia menegaskan, sikap optimistis dan pantang menyerah bangsa Indonesia, telah terbentuk oleh tantangan alam dan kondisi geografis Nusantara.

Jokowi juga mengatakan, kita harus bersahabat dengan tantangan dan membangun kebudayaan, terutama untuk generasi muda yang punya semangat juang yang tinggi.

“Selama berabad-abad, nenek moyang kita telah bersahabat dengan semua tantangan tersebut, menjaga harmoni dengan alam, membangun kebudayaan, dan nilai-nilai keutamaan di atasnya,” imbuhnya.

Pada penyelenggaraan PKN 2020, Jokowi meminta, semua pihak untuk terus berkarya dan menggali kearifan lokal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kepada semua pihak, teruslah berkarya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, terus menggali kearifan lokal dalam menghadapi bencana dan menghargai bumi dengan sehormat-hormatnya,” pesan Jokowi.

(Jumiarti)

Tinggalkan Balasan