Berita  

Polisi Tangkap 5 Orang Terkait Pungli di Pasar Lama Tangerang

Polisi Tangkap 5 Orang Terkait Pungli di Pasar Lama Tangerang
Polisi Tangkap 5 Orang Terkait Pungli di Pasar Lama Tangerang
Polisi Tangkap 5 Orang Terkait Pungli di Pasar Lama Tangerang
Polisi Tangkap 5 Orang Terkait Pungli di Pasar Lama Tangerang

Tangerang, Semartara.news – Polisi bergerak cepat menindaklanjuti soal viral dugaan pungli di Pasar Lama, Kota Tangerang. Lima orang kini telah ditangkap polisi.

“Sementara baru 5 dari catatan yang kami peroleh,” ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin di Klenteng Boen Tek Bio, Senin (31/1/2022).

 

Komarudin menjelaskan saat diamankan para pelaku ini ada di antaranya yang sedang melakukan pungli. Tugas dari kelima pelaku ini juga berbeda-beda.

 

“Ada yang sedang beraksi, ada yang sedang menunggu. Macam-macam tugasnya ada yang menerima atau memungut pungli secara langsung, ada yang menjual lapak,” tambahnya.

 

 

Komarudin mengungkapkan para terduga pelaku pungli ini tidak tanggung-tanggung dalam mematok harga kepada pedagang. Menurutnya satu lapak bisa dihargai sampai jutaan rupiah oleh para pelaku pungli.

 

“Diketahui 1 lapak bisa dijual hingga Rp 5 juta. Bahkan itu ada kuitansinya. Ini hal yang sangat memprihatikan mengingat yang dijual itu bukan lahan miliknya sendiri,” ucap Komarudin.

 

Komarudin mengaku kasus pungli ini perlu ditertibkan untuk menjamin kelancaran iklim usaha investasi di Kota Tangerang. Dia mengimbau kepada para pedagang agar tidak segan melaporkan pungli ataupun intimidasi yang diterimanya.

 

“Tentu kami melakukan tindakan tegas kepada siapa saja yang mengganggu atau melakukan intimidasi dan lain sebagainya. Termasuk dimintakan pungli dengan ancaman silahkan lapor kami akan langsung kita tindaklanjuti,” tutur Komarudin.

 

Komarudin menegaskan apa yang dilakukannya merupakan jawaban atas keluhan dari para pedagang. Saat ini lima orang yang diamankan masih dimintai keterangan.

 

“Yang kita lakukan adalah sebuah jawaban dari keluhan para pedagang atas maraknya pungli yang terjadi. Kita langsung menindaklanjuti kita dalami dan ada beberapa orang yang kita amankan kita mintai keterangan,” jelasnya.

 

 

Warga yang berdagang di Kawasan Pasar Lama, Kota Tangerang resah akan adanya pungutan liar(pungli). Para pedagang mengaku pungli dimintai dengan kedok uang keamanan.

 

Seorang pedagang berinisial CL saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Menurutnya pungli ini bisa untuk uang keamanan tapi bisa juga untuk kepentingan pribadi.

 

 

“Aduh nggak tahu dah itu. Uang keamanan masuk juga buat pribadi juga iya,” kata CL saat ditemui di lapaknya, Kamis (27/1).

 

Dari pungli tersebut tidak ada fasilitas yang didapatkan CL. Kata CL mereka yang menagih pungli preman-preman yang juga masih warga sekitar.

 

 

Dia membeberkan pungli yang dimintakan bervariatif setiap harinya. Menurutnya di kala senja para peminta pungli mulai melancarkan aksinya.

 

“Ya tidak ada, tidak ada pengaruhnya. Saya yakin warga sekitar karena sudah tahu semua, kenal semua sama saya lama. Nanti nih abis maghrib ke sini kebanyakan. Parkir preman-preman sini kalau hari biasa Rp 2 ribu kalau malam Minggu Rp 5 ribu,” ungkapnya.(detikcom)

 

 

Tinggalkan Balasan