Peran Strategis Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung Bagi masyarakat Sekitar Ogan Komering Ilir

Peran Strategis Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung Bagi masyarakat Sekitar Ogan Komering Ilir
Peran Strategis Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung Bagi masyarakat Sekitar Ogan Komering Ilir

Sumatera Selatan, Semartara.News – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus melanjutkan pembangunan dan pengoperasian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai mandat dari Pemerintah Indonesia dalam rangka pengembangan kawasan di Pulau Sumatra. Dalam pengoperasiannya, JTTS telah banyak membawa manfaat dan peran strategis bagi masyarakat sekitar Sumatra. 

Pada Provinsi Sumatra Selatan terdapat 2 (dua) ruas tol kelolaan Hutama Karya yakni Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) yang telah dioperasikan sejak akhir tahun 2019 dan Ruas Palembang – Indralaya (Palindra) sejak akhir tahun 2017.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa meskipun dalam pembangunannya dihadapkan pada banyak tantangan, seperti kondisi tanah yang cukup unik dan medan pengerjaan yang cukup menantang, kehadiran jalan tol ini memberikan efek positif berkelanjutan untuk berbagai golongan masyarakat.

“Kehadiran kedua ruas tol ini memangkas waktu tempuh dan mempercepat distribusi logistik yang berdampak pada kualitas hasil pertanian dan perkebunan yang dikirimkan masih dalam kondisi baik dan fresh,” ujar Koentjoro. 

Lebih lanjut, Koentjoro menyampaikan bahwa untuk Tol Terpeka sendiri telah menjadi akses penghubung antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

“Dengan terbukanya akses penghubung ini maka berkembang pula pembangunan pada kawasan sekitar yang berpengaruh terhadap perekonomian daerah,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Dja’far Shodiq mengatakan keberadaan JTTS membawa dampak yang luar biasa dalam membantu perkembangan, kemajuan dan daya saing dari Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Tinggalkan Balasan