Berita  

Pentas Wayang Lakon Jarasandha Digelar Daring di London

Pertunjukan yang berlangsung selama tiga jam mulai pukul lima sore waktu Inggris dilakukan secara virtual, “live,” di Instagram Live dan YouTube KBRI London, ujar dalang Ki Sujarwo Joko Prehatin

Pentas Wayang Sekaligus Memperingati Hari Wayang & Mempromosikan Budaya Indonesia

Hartyo menjelaskan, bahwa pertunjukan wayang selain untuk memperingati Hari Wayang, juga untuk mempromosikan budaya Indonesia kepada public Inggris dan Irlandia. Dengan memanfaatkan platform digital ditengah pandemi.

KBRI London menggelar pertunjukan Wayang Kancil berjudul Water War secara digital. Pertunjukan ini dimainkan Dalang Eddy Pursubaryanto dan Wayang Modern ditulis seniman Inggris Kassie Jones berjudul “Herberth Finds a Home”.

Pertunjukan ini mendapatkan sambutan dari warganet baik masyarakat Inggris peinta budaya Indonesia maupun WNI, yang rindu menyaksikan wayang.

Tak hanya itu, Diaspora Indonesia, Sandy Adiguna mengatakan pertunjukan wayang online dalam bahasa Inggris dengan logat medok Jawa, merupakan terobosan sangat menarik.

“Nonton wayang kulit ini berhasil mengobati rasa rindu tanah air, ujar Sandy.

Menariknya, musik Gamelan dimainkan dengan apik oleh orang Inggris membuat pertunjukan semakin berkesan.


“Bahagia dan bangga melihatnya. Saya mengharapkan dimasa datang lebih sering dan banyak lagi lakon dimainkan serta dipertontonkan secara daring,” pungkasnya.

(JK)

Tinggalkan Balasan