Berita  

Pemerintah Provinsi Banten Berupaya Membangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Baik dengan K3 Awards

Pemerintah Provinsi Banten Berupaya Membangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Baik dengan K3 Awards
Pemerintah Provinsi Banten Berupaya Membangun Ekosistem Ketenagakerjaan yang Baik dengan K3 Awards. (Dok Humas Banten)

Jakarta, Semartara.NewsPemerintah Provinsi Banten terus berusaha membangun ekosistem ketenagakerjaan yang baik dengan fokus pada keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Pemahaman dan kesadaran seluruh pihak dalam norma ketenagakerjaan menjadi sangat penting selain didukung oleh regulasi.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, mengungkapkan hal tersebut dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten M Tranggono dalam Anugerah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Awards Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023 di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada Rabu (22/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda juga menekankan perlunya adanya K3 yang inklusif dan komprehensif. Pemerintah Provinsi Banten mendorong pengusaha, pekerja, dan serikat pekerja untuk menjadikan K3 sebagai prioritas perhatian bersama agar tercipta kondisi kerja yang aman, sehat, dan nyaman. 

“Dengan menerapkan budaya K3 yang baik, dapat menghindarkan kita dari risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Pada akhirnya akan terwujudnya pekerjaan yang layak,” kata M Tranggono dalam keterangan tertulisnya..

Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pekerja dan iklim ekonomi di Provinsi Banten.

Pada Anugerah K3 Awards Tingkat Provinsi Banten Tahun 2023, sebanyak 404 perusahaan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Banten ikut serta dengan empat kategori penghargaan yaitu Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident), Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3), Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS, dan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Terdapat 115 perusahaan yang mendapatkan penghargaan P2K3, 116 perusahaan meraih penghargaan Zero Accident, 101 perusahaan meraih penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 dan 32 perusahaan meraih penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS.

Sebagai contoh, PT Thermax International Indonesia berhasil meraih dua penghargaan yaitu penghargaan Zero Accident dan P2K3. 

“Ini hasil dari semua pihak yang ada di perusahaan, dengan mencapai ini tentunya bagi kita dan karyawan untuk lebih semangat bekerja dan customer juga percaya kepada kita,” Menurut Operation Head PT Thermax International Indonesia, Remon Simatupang, 

Penghargaan tersebut merupakan hasil dari semua pihak di perusahaan, baik karyawan maupun manajemen. Perusahaan terus melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman keselamatan kepada seluruh karyawan agar tercipta budaya K3 yang baik dan meminimalisir kecelakaan saat bekerja.

Dengan adanya penghargaan K3 Awards ini, diharapkan perusahaan akan semakin memperhatikan pentingnya K3 dalam menciptakan suasana dan budaya K3 di tempat kerja. Tujuannya adalah meminimalisir kecelakaan dan meningkatkan produktivitas perusahaan.

Tinggalkan Balasan