Pekan Depan, PDAM se-Indonesia Akan Terima Rapor

SEMARTARA, Kota Tangerang – Pekan depan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), akan menyerahkan rapor hasil penilaian kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) se-Indonesia.

Dalam rapor tersebut, BPPSPAM akan mengungkapkan pengelolaan keuangan PDAM ke dalam kategori sehat dan atau tidak sehat.

Kepala Bagian Pelayanan dan Kerjasama BPPSPAM, Ade Syaiful Rachman menjelaskan, pada tahun 2018 BPPSPAM telah melakukan penilaian kinerja terhadap 374 PDAM se-Indonesia. Hasil penilaian tersebut, menurut dia, sebanyak 223 PDAM atau sekitar 57 persen PDAM se-Indonesia masuk dalam kategori sehat.

“Terdapat 223 PDAM masuk kategori sehat, 52 PDAM atau 13 persen yang masuk ke dalam kategori sakit dan 17 PDAM di antaranya belum dilakukan penilaian,” ungkap Ade, saat berkunjung ke Kantor PDAM Tirta Benteng, di Komplek PU Prosida Bendungan Pasar Baru, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Jumat (23/11).

Sampai saat ini, dirinya mengaku belum dapat memberikan data pasti PDAM mana yang masuk ke dalam kategori tidak sehat. Sebab, pihaknya baru akan mengumumkan hasil tersebut pada 27 November 2018.

“Kami akan launching di website BPPSPAM (sim.ciptakarya.pu.go.id/bppspam),” tandasnya. (Hel/Hms)

Tinggalkan Balasan